Kamis, 26 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PPP Siap Usung Fadel di Pileg 2019

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 2 Februari 2017 Tag: , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Langkah berani Fadel Muhammad, melawan keputusan partai dengan tidak mendukung Rusli Habibie yang diusung Golkar di Pilgub 2017, telah berimbas. Fadel Muhammad yang memilih mendukung istrinya Hana Hasanah di Pigub, jabatannya di DPR-RI maupun struktur partai mulai dipreteli.

Awalnya Fadel Muhammad dicopot dari jabatan Ketua Komisi XI yang membidangi keuangan. Fadel dipindahkan ke Komisi VII yang membidangi energi dan hanya menempati jabatan Wakil Ketua Komisi. Beberapa saat berselang, DPP Golkar mencopot Fadel Muhammad dari posisi Sekretaris Dewan Pembina DPP.

Belum lama ini, Golkar kembali mencopot jabatan Fadel sebagai wakil ketua komisi VII. Fadel Muhammad kini hanya menjadi anggota DPR-RI biasa tanpa memegang jabatan di alat kelengkapan DPR-RI.

Rentetan kejadian ini mulai menimbulkan spekulasi soal buramnya masa depan karir politik Fadel Muhammad di partai Golkar. Tak heran, sejumlah parpol mulai memberi isyarat siap menampung Fadel. Bila sebelumnya PDIP menyatakan siap mengakomodir mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu, kini PPP menyatakan sinyalemen serupa.

Sinyal PPP itu disampaikan langsung Ketua Umum PPP Romahurmuzy ketika diwawancarai saat berkunjung ke Gorontalo Post, kemarin (1/2).Dia mengatakan, kalau memang karir politik Fadel Muhammad tidak akan berlanjut di Golkar, PPP siap menjadikan mantan menteri kelautan dan perikanan era Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) itu sebagai kader PPP.

“Kalau Fadel Muhammad tidak akan berlanjut di partai sebelumnya, kami sangat terbuka untuk menampung dia,” ujarnya. Romi panggilan akrab Romahurmuzy mengatakan, sikap PPP membuka diri dengan tokoh-tokoh dari luar partai yang ingin bergabung salah satunya terkait dengan target pemilu 2019 mendatang. “2019 target kami adalah mengembalikan satu kursi PPP di DPR-RI (dapil Gorontalo). Karena nanti kali ini (pemilu 2014) PPP kehilangan kursi,” jelasnya.

“Kami juga ingin agar perolehan kursi di DPRD bisa terus meningkat dari sekarang,” sambungnya.
Dia menjelaskan, PPP memandang Gorontalo sebagai salah satu daerah yang harus dimenangkan. Daerah ini menurut Romi memiliki sejarah untuk PPP. Pada pemilu 1977, PPP pernah menang di Gorontalo. Saat itu PPP menang di tiga daerah Yaitu Aceh, DKI Jakarta dan Gorontalo.(rmb/hargo)