Sabtu, 6 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Presiden Jokowi – PM Singapura Lee Hsien Loon Perkuat Kerjasama Pariwisata

Oleh Fajriansyach , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 16 November 2016 | 11:28 WITA Tag: , , , ,
  


Saat ini, ada puluhan ribu perusahaan asing, baik dari Eropa, Amerika, Asia dan Australia yang memiliki representative office di Singapore. Selain itu juga banyak asosiasi, organisasi, korporasi besar yang memilih Singapura sebagai kantor, meskipun manufacture dan produksinya berada di negara lain.

“Wisatawan MICE di Singapura itu frekuensinya besar, jumlahnya juga besar, dan berpeluang dikembangkan di Indonesia juga,” ujar Arief Yahya.

MICE jadi makin terlihat seksi lantaran jumlah pesertanya banyak, partisipannya adalah decision marker, length of Stay-nya panjang, media coverage-nya luas dan spendingnya sangat tinggi.

“Menggabungkan MICE dengan pariwisata itu bisa langsung menyatu. Biasanya selepas acara atau sebelum acara, ada sesi city tour atau culinary tour, mengunjungi satu tempat paling menarik di kota tempat MICE dilangsungkan. Inilah yang bisa menggerakkan ekonomi. Semua roda ekonomi terkait dengan MICE dan tour-nya bisa hidup dan berkembang,” kata Arief Yahya.

BACA  Sah! Cuti Bersama 2021 Dipangkas Jadi Dua Hari

Setelah itu, maskapai Singapore Airlines dan Silk Air pun ikut digandeng. Ini juga penting mengingat transportasi udara merupakan faktor paling critical bagi pariwisata Indonesia untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Hal yang tak bisa dihindari mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Semua destinasi hanya bisa dijangkau dengan cepat via udara.

Saat ini, ada banyak negara sasaran pasar Wonderful Indonsia yang belum memiliki direct flight ke destinasi wisata Indonesia. Bahkan ada yang sama sekali tidak ada penerbangan langsung ke Indonesia. Sementara airlines Indonesia belum membuka jalur itu. “Di situlah SQ dan Silk Air punya peran untuk mengakut wisatawan ke Indonesia. Kami joint promosion,” kata dia.

BACA  Punya 3 Lahan di Amerika Serikat, Total Harta Bupati Sabu Raijua Segini

Menpar Arief Yahya mengatakan, SQ adalah maskapai berbobot, punya armada dan penerbangan yang tersebar lengkap di seluruh dunia. “SQ juga sudah punya brand kuat, dan punya maskapai di level premium, papan tengah seperti Silk Air dan Low Cost Carrier
(LCC) seperti Scoot. Jadi akan sangat membantu connectivity pariwisata Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

BACA  Terbalik Saat Bongkar Muat, Tim SAR Cari Korban KMP Bili

Kebetulan, karakter destinasi Singapura – Indonesia itu saling melengkapi. Singapura unggul dalam shopping dan wahana-wahana seperti Universal Studio, Sentosa Island, Jurong Birds Park, Singapore Flyer, Madame Tussauds, Singapore Zoo, Marine Life Park, Marina bay sands, Wild Wild Wet, Wisata Big splash, yang merupakan buatan manusia.

Sedangkan Wonderful Indonesia memiliki keunggulan dalam alam, natural, eksotisme, kultural yang didominasi ciptaan Tuhan. “Karena itu kerjasama ini menjadi semakin pas. Sambil menyelam minum air, komplementer, saling melengkapi, sambil berjualan bersama, mereka juga menjadi objek pasar wisata ke Indonesia,” jelasnya. (Hg)

Laman: 1 2 3


Komentar