Jumat, 27 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Prioritas Pemberian Vaksin ke Tenaga Medis dan di Zona Merah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Minggu, 8 November 2020 | 23:05 WITA Tag: , , ,
  Ilustrasi. Vaksin. (Foto Istimewa/halodoc)


Hargo.co.id, JAKARTA – Informasi bahwa vaksin yang akan diadakan tak sebanyak jumlah penduduk Indonesia. Itu lantas memunculkan polemik, siapa yang lebih dulu diberikan vaksin?

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto berpendapat bahwa pemerintah bisa memilah kelompok masyarakat yang boleh mendapat vaksinasi Covid-19. Misalnya, pemberian vaksin bisa diutamakan ke tenaga medis dan masyarakat di zona merah penularan Covid-19.

BACA  Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

Seperti yang dilansir jpnn.com, menurut dia, tenaga medis ialah garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19. Dari situ, wajar jika tenaga medis diperhatikan lebih dahulu dalam hal vaksinasi.

“Sekiranya vaksinasi yang direncanakan pemerintah itu benar bisa dilaksanakan pada pekan ketiga Desember 2020, saya berharap tenaga medis dan masyarakat di zona merah harus mendapat prioritas,” kata Mulyanto dalam pesan singkatnya kepada awak media, Ahad (08/11/2020).

BACA  Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Agar Tak Lengah

Wakil Ketua Fraksi PKS itu berharap pemerintah bisa mewujudkan program vaksinasi sesuai waktu. Jangan sampai, kata dia, vaksinasi terus mengalami penundaan.

“Sebaiknya harus dikawal rencana tersebut agar benar-benar dapat terlaksana sesuai jadwal. Kasihan masyarakat jika harus menunggu lagi,” kata Mulyanto.

Namun, Mulyanto pun mengingatkan pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin yang akan diberikan ke tenaga medis dan masyarakat. Vaksin harus mendapatkan izin edar dari BPOM dan terjamin kehalalannya.

BACA  Masker yang Beredar Hanya Menghalangi Debu

“Artinya harus telah mendapat izin edar dari BPOM yang berarti sudah lulus uji klinis tahap ketiga sehingga dapat diyakini cukup memadai bahwa vaksin tersebut tersebut benar-benar efektif dan aman,” beber dia. (ast/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar