Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Prof. Dr. H. Aloei Saboe Dinyatakan Memenuhi Syarat Jadi Pahlawan Nasional

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:05 PM Tag: , ,
  Wagub Idris Rahim saat menunjukkan naskah perjuangan almarhum Prof. Dr. H. Aloei Saboe yang disusun oleh TP2GD Gorontalo kepada tim verifikasi TP2GP di aula rumah jabatan Wagub Gorontalo, Kamis (19/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tim verifikasi atau Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), Usep Abdul Matin, mengatakan bahwa almarhum Prof. Dr. H. Aloei Saboe dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Hal itu terungkap pada pertemuan dengan TP2GD Provinsi Gorontalo yang berlangsung di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Kamis (19/08/2021).

“Usulan dari pemerintah dan TP2GD Gorontalo untuk gelar pahlawan nasional kepada almarhum Prof. Dr. H. Aloei Saboe, hasilnya dari TP2GP adalah MS artinya Memenuhi Syarat,”ungkap Usep Abdul Matin.

Guna memperkuat usulan calon pahlawan nasional dari Gorontalo, Rektor Kepala Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu meminta kepada TP2GD Gorontalo untuk menyiapkan seluruh data yang terkait dengan Aloei Saboe. Menurutnya, data-data itu penting sekali dan akan sangat membantu TP2GP dalam memberikan pertimbangan kepada Menteri Sosial RI, yang kemudian akan menjadi pertimbangan Dewan Gelar.

“Contohnya, beliau (Aloei Saboe) menurut TP2GD Gorontalo menulis 15 buku, kita ingin lihat dan baca buku itu. Beliau juga banyak menulis di Pikiran Rakyat, Merdeka, dan Kompas, sediakan tulisan-tulisan itu. Terutama untuk penghargaan, dipastikan betul-betul ada. Dengan sejarah Aloei Saboe yang luar biasa sekali ditambah data, saya yakin kemungkinan besar beliau akan memperoleh gelar pahlawan nasional,”kata Usep Abdul Matin.

Sementara itu dikesempatan yang sama Wagub Idris Rahim menuturkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawah. Semangat inilah yang menurut Wagub menjadi landasan bagi Pemerintah Provinsi Gorontalo dan TP2GD untuk mengusulkan Aloei Saboe sebagai calon pahlawan nasional.

“Pertemuan ini digelar bertepatan dengan 10 Muharram yang diperingati sebagai Hari Asyura oleh umat Islam. Banyak kisah para nabi pada hari Asyura ini, salah satunya adalah lolosnya Nabi Yunus dari perut ikan. Semoga ini menjadi berkah bagi kita di Provinsi Gorontalo, insya Allah Aloei Saboe lolos menjadi pahlawan nasional,”tutur H. Idris Rahim.

Dijadwalkan tim verifikasi dari TP2GP dan Perpustakaan Nasional RI, bersama Pemprov Gorontalo dan TP2GD akan melakukan visitasi lapangan ke sejumlah artefak atau peninggalan sejarah yang terkait dengan Aloei Saboe. Lokasi yang akan dikunjungi yaitu RSUD Aloei Saboe, Jalan Aloei Saboe, rumah keluarga, dan Monumen Perjuangan Nasional yang berada di Kota Gorontalo, RSUD Toto di Kabupaten Bone Bolango, serta Puskesmas Tilamuta dan Monumen Merdeka Tilamuta di Kabupaten Boalemo.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 41 times, 1 visits today)

Komentar