Rabu, 5 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program Bantuan Harus Terencana Agar Tak Timbulkan Persoalan Baru

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Rabu, 28 April 2021 | 20:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Sian Woloks


Hargo.co.id, GORONTALO – Program bantuan yang diperuntukkan untuk masyarakat baik secara perorangan maupun berkelompok, diharapkan tidak lagi menimbulkan persoalan yang baru lagi. Makanya, program bantuan itu harus terencana. 

Pernyataan ini disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut) Sian Woloks, yang mana menurutnya bantuan yang diberikan tersebut dapat langsung dimanfaatkan atau difungsikan. Tanpa harus ada ketergantungan lagi atau kendala dalam memanfaatkannya.

Apa yang disampaikan oleh Aleg PDI Perjuangan tersebut untuk mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki program kerakyatan dalam rangka memenuhi atau membantu masyarakat yang memang layak untuk dibantu.

Secara umum, kata Sian, bantuan kepada masyarakat ini ada yang bantuan langsung untuk kebutuhan keseharian, namun ada juga bantuan terkait dengan profesi atau pekerjaan dari masyarakat itu sendiri, seperti bantuan pertanian. 

“Bantuan pertanian ada yang berupa bantuan bibit atau benih entah jagung atau padi. Ini tentu baik bagi mereka yang membutuhkan, namun nantinya akan terkendala apabila bantuan tersebut ternyata harus ada lagi pendukungnya seperti pupuk,” kata Sian.

Sementara pupuk yang dibutuhkan juga harus menggunakan 2 jenis yang saling melengkapi, dan ini tentunya akan menyulitkan para petani dari sisi memenuhi kebutuhan pupuk. 

“Karena ada beberapa terhadap jenis pupuk tersebut ternyata sulit dipenuhi atau yang tersedia hanya satu jenis saja sehingga mempengaruhi produktivitas,” jelasnya.

Begitu juga terhadap bantuan lainnya yang diharapkan agar dapat memperhatikan pemanfaatan bantuan tersebut. 

“Sehingga ketika bantuan tersebut diterima langsung dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh penerima bantuan tanpa menunggu lagi pemenuhan akan hal lainnya,” pungkasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Soal Jalan Ponelo, Dinas PU Diminta Segera Usulkan Pergeseran

Komentar