Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program Belum Urgen, Anggaran Bakal Digeser

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Friday, 10 September 2021 | 08:05 AM Tags: , , , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorut, Roni Imran

Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga saat ini, penanggulangan Covid-19 di Gorontalo Utara (Gorut) butuh dana sebesar Rp 1,5 miliar. Guna memenuhi itu, pada pembahasan APBD Perubahan, akan ada anggaran yang digeser jika memang program yang diusulkan oleh eksekutif tidak urgen. 

Ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran belum lama ini terkait dengan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021. Menurutnya, anggaran yang begitu besar yang dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19, sangat mendesak. 

“Sehingga kita akan sisir setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melihat mana saja program yang belum mendesak atau yang belum urgen. Selanjutnya, anggaran program tersebut akan kita geser,” kata Roni Imran.

Pasalnya, penanganan Covid-19 merupakan kebutuhan mendesak yang memang harus segera dipenuhi. Makanya, program setiap OPD akan dilihat tanpa terkecuali, dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gorontalo Utara akan memeriksa baik-baik.

“Termasuk Dinas Kesehatan sendiri akan kita lihat mana anggaran mereka yang memang masih boleh digeser yang sifatnya belum mendesak, dan itu akan dilakukan,” tegas Roni Imran. 

Lanjut kata Roni Imran, DPRD Gorontalo Utara sendiri telah menyiapkan anggaran Rp 1 Miliar untuk digeser dalam rangka penanganan Covid-19. 

“Jumlah Rp 1 Miliar itu memungkinkan bertambah hingga Rp 2 miliar demi penanganan Covid-19,” ungkapnya. 

Olehnya, Roni Imran mengimbau kepada OPD untuk mengerti dengan kondisi yang ada saat ini. Apalagi target program vaksinasi daerah itu seratus persen pada November mendatang. Sementara masih banyak kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi anggarannya. (***)

Penulis: Alosius M. Budiman 

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar