Senin, 23 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program Germas di Boalemo, Menuju Masyarakat Sehat 

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Sabtu, 15 Februari 2020 Tag:
  Sekda Boalemo Husain Etango membuka dan memberikan arahan pada Forum Germas di wilayah Boalemo bertempat di Hotel Grand Amalia, Kamis (13/2/2020). (Foto Istimewa/Humas Boalemo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boalemo menggelar pertemuan dalam rangka Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bertempat di Hotel Grand Amalia, Kamis (13/2/2020). Forum dibuka langsung Sekda Boalemo Husain Etango didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat, dr. Roni.

Turut hadir pula, unsur Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Boalemo. Dalam arahannya, Sekda Husain Etango menyampaikan bahwa, kesehatan merupakan hak asasi manusia yang sangat penting untuk diperhatikan.

Karena itu, persoalan ini menjadi suatu keharusan bagi semua pihak dalam hal memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan menuju cita-cita kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan partisipasi serta peran serta masyarakat untuk hidup sehat. Meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi timbulnya biaya untuk kesehatan. Saat ini, Kabupaten Boalemo mengalami perubahan pola penyakit sering disebut transisi epidemiologi ditandai dengan meningkatnya kematian dan sakit akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung dan diabetes. Alasan inilah, maka Dinas Teknis yakni Dikes Kabupaten Boalemo melaksanakan pertemuan Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Untuk itu, diminta seluruh OPD teknis turut serta terlibat mensukseskan program Germas di Kabupaten Boalemo,” ingat Panglima ASN tersebut. (nrt/adv/hg)