Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program Kerja Harus Sejalan dengan Visi Misi Kepala Daerah

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 6 November 2021 | 02:05 AM Tag: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin pada pelaksanaan evaluasi RPJMD 2018-2023 yang dilaksanakan oleh BAPPEDA. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diingatkan untuk dapat merealisasikan apa yang menjadi visi dan misi pemerintah daerah. Saat ini, Gorontalo Utara (Gorut) dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati, Indra Yasin dan Thariq Modanggu (IQRA) yang akan berakhir pada 2023 mendatang. 

“Semua OPD harus dapat merealisasikan apa yang menjadi visi dan misi pemerintah daerah,” kata Indra Yasin saat membuka kegiatan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan diikuti seluruh pimpinan OPD.

Lanjut kata Indra Yasin, bagi OPD yang tak sejalan dengan visi dan misi kepala daerah, agar dapat mengarahkan program kerjanya sesuai dengan visi dan misi IQRA. Apalagi jika program kerjanya atau visi dan misi dibuat sendiri. 

“Jangan buat sendiri. Jika buat sendiri, itu berarti tidak sejalan, dan harus dievaluasi,” tegasnya kembali. 

Imbauan terhadap OPD ini, nampaknya tak main-main. Indra Yasin dengan tegas mengatakan bahwa dirinya tidak menginginkan ada OPD yang tidak menjalankan visi dan misi kepala daerah. Apalagi visi dan misi tersebut hanya dijalankan di tempat lain. Apa yang menjadi visi dan misi kepala daerah tersebut termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Kemudian RPJMD tersebut menjadi acuan bagi OPD dalam menyusun rencana kerja mereka. 

“Rencana kerja OPD harus diarahkan sesuai dengan visi dan misi kepala daerah, karena yang mengimplementasi visi dan misi tersebut tentu OPD melalui program kerja yang dilaksanakan pada setiap tahun anggaran,” kata jelas Indra Yasin.

Olehnya Indra Yasin menegaskan agar OPD yang belum sesuai dengan RPJM diminta untuk segera disesuaikan. Termasuk juga dengan RPJMN atau visi dan misi presiden harus disesuaikan juga. 

“Seperti saat ini terkait dengan pandemi Covid-19, diantaranya, program vaksinasi. Tentu itu harus segera diselesaikan. Karena kalau tidak, saya khawatir 5 tahun ke depan jadi problem,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar