Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program KOTAKU di Kabupaten Gorontalo Dimulai dari Hunggaluwa

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Kamis, 9 Juli 2020 | 13:35 PM Tag:
  Asisten II Setda Kabupaten Gorontalo, Rahmat Dony Lahatie sebagai bukti Program KOTAKU telah dimulai. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tanpa mengesampingkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), tetap dilaksanakan. Program ini dimulai di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Informasi yang berhasil dihimpun, program ini diawali dengan peletakan batu pertama kegiatan infrastruktur pembuatan jalan paving blok. Ini pertanda bahwa seluruh kegiatan pembangunan infrastruktur padat karya telah dimulai secara serentak.

“Melalui program Kotaku, apa yang telah dirumuskan oleh masyarakat, yang dituangkan dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) dalam bentuk program kerja, dapat direalisasikan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM/LKM) Iloheluma sebagai mitra di Hunggaluwa,” ungkap Asisten II Setda Kabupaten Gorontalo, Rahmat Dony Lahatie.

Sumber dana pembangunan infrastruktur kegiatan padat karya ini, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kelurahan Hunggaluwa sendiri di pada 2020 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 1 Miliar.

Selain Rahmat Dony Lahatie, hadir juga pada kesempatan itu, Camat Limboto Guntur I. Pakaya dan Lurah Hunggaluwa, Yos Sudarso Ishak.

Rahmat Dony Lahatie mengapresiasi program Kotaku terutama pengurus BKM/LKM Iloheluma Hunggaluwa, yang sekarang ini telah melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur skala lingkungan  kegiatan padat karya.

Camat Limboto Guntur I. Pakaya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Gorontalo, yang telah mempercayakan Kelurahan Hunggaluwa sebagai pelaksana program Kotaku melalui anggaran 2020.

“Sekarang ini tinggal bagaimana masyarakat Hunggaluwa melaksanakan, mengawasi dan merawatnya,” Guntur I. Pakaya, Selasa (30/06/2020).

Pelaksanaan pekerjaan ini, oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibentuk oleh BKM Iloheluma bersama lurah Hunggaluwa sebagai mitra kelurahan. Hadir pada kegiatan ini sebagai penanggung jawab program Kotaku Kabupaten Gorontalo, Asisten Koordinator Kotaku Sutami Kobandaha, bersama penangung jawab kecamatan Limboto dan Kelurahan Hunggaluwa, Senior Fasilitator Suleman Dako, bersama Tim Fasilitator pendamping.

“Selain menyelesaikan permasalahan yang ada di Kelurahan Hunggaluwa, kegiatan ini juga dipercepat dengan maksud membuka peluang masyarakat untuk memperoleh penghasilan sesuai bidangnya melalui kegiatan padat karya,” kata Guntur I. Pakaya. (red/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar