Sabtu, 16 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Program ‘Pamsimas’ Jangkau 72 Desa di Gorontalo Utara

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 26 September 2021 | 08:05 AM Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat membuka pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada Program Pamsimas di Ponelo Kepulauan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Keberadaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Gorontalo Utara (Gorut) benar-benar dirasakan manfaatnya di masyarakat. Hingga saat ini, program Pamsimas di Gorontalo Utara telah menjangkau 72 desa dari 123 desa yang ada yang dimanfaatkan oleh 30.469 jiwa. 

Untuk itu, Pemerintah Gorontalo Utara terus mendorong agar program tersebut berjalan dengan baik dan maksimal. 

“Kami mendorong secara terus menerus upaya dari pada program Pamsimas ini, termasuk bukan hanya dari sisi pembangunannya, tapi juga bagaimana sumber-sumber air bisa dijaga, termasuk kami lihat ada Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPS PAMS),” tutur Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

Pernyataan itu disampaikan pada saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas bagi aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada Program Pamsimas dilaksanakan di Mohinggito Cottage, Desa Ponelo, Kecamatan Ponelo Kepulauan. Dirinya mengingatkan, agar keberadaan KPS-PAMS dapat membuat sistem instrumen evaluasi dari pengelolaan Pamsimas di setiap desa atau wilayah. 

“Supaya kami juga sebagai pemerintah daerah sekali-kali dapat melakukan monitoring. Karena kami ingin memastikan. Jangan kami ini sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah nanti sudah ribut soal air baru kami tahu. Makanya, harus ada perbaikan sistem,” terang Thariq Modanggu. 

Demi meningkatkan pelayanan penyediaan air minum dan untuk kebutuhan rumah tangga, dengan adanya KPS-PAMS, beberapa upaya juga perlu dilakukan dengan membersihkan tower/bak penampung air secara berkala. 

“Termasuk perawatan jaringan pipa yang ditanam sepanjang akses jalan desa terkadang mengalami kebocoran di beberapa titik. Maka perlu dibentuk tim teknis untuk mengatasi masalah tersebut. Itu yang perlu diperhatikan KPS-PAMS. Saya kira peran kepala desa sangat penting sekali dalam mengawal program Pamsimas ini,” kuncinya. (***)

 

Alosius M. Budiman

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar