Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Promosikan Destinasi Wisata, Bone Bolango Gelar ‘Festival Dive Olele’

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Kab. Bone Bolango , pada Senin, 18 November 2019
  

Hargo.co.id GORONTALO – Upaya mempromosikan tempat-tempat wisata terus dilakukan oleh Pemkab Bone Bolango. Buktinya, Ahad (17/11/2019), melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek), menggelar festival dive di Taman Laut Olele, Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone.

Tujuan dipromosikan obyek wisata ini tak lain adalah untuk menyedot wisatawan lokal dan asing untuk menjadikan taman laut Olele sebagai destinasi wisata bahari atau taman bawah laut unggulan Kabupaten Bone Bolango yang berkelas dunia itu.

“Festival ini juga bagian dari rangkaian puluhan event yang digelar oleh Pemkab Bone Bolango yang terus kita perbaiki, kita benahi dan kita koreksi dari waktu ke waktu,” kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat membuka festival tersebut.

Hamim mengatakan, obyek-obyek wisata di Bone Bolango banyak yang sangat menarik. Salah satunya obyek wisata taman laut Olele. Tapi, dari sisi kemasan diakuinya masih relatif lemah.

“Termasuk juga dari aktraksinya belum begitu baik dan aksesnya yang perlu dibenahi dari waktu ke waktu,” ujar Hamim.

Hamim mengungkapkan, dirinya memiliki cita-cita besar dan juga keinginan yang luar biasa dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya. Namun dalam banyak hal selalu serba tanggung dalam penganggaran.

“Sebab, kita juga punya kewajiban yang skala prioritas. Ada hal-hal yang perlu menjadi prioritas kita, terutama sektor dasar kebutuhan masyarakat yang tidak boleh kita abaikan,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Bupati Hamim, untuk mengembangkan sektor pariwisata ini, tidak boleh diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

“Urusan event fasilitasnya itu sebenarnya di pihak swasta, karena pemerintah itu tidak punya hotel, begitu juga penerbangan, rumah makan, termasuk jasa penyelaman,” tandas Hamim.

Sementara, kegiatan festival dive itu dihadiri oleh Kajari Bone Bolango Daniel M. Hutagalung, Kepala Disparek Bonebol Lukman A. Daud, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bonebol. (rwf/hg)