Minggu, 24 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Proses Pemindahan Mapolres Gorontalo Kian Pasti

Oleh Admin Hargo , dalam HumKam , pada Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:05 PM Tag:
  Sungai meluap mengakibatkan Mapolres Gorontalo terendam air beberapa pekan lalu. (Foto: Dok HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Upaya pemindahan gedung Mapolres Gorontalo terus dilakukan oleh Pemerintah setempat. Sesuai rencana, Markas Kepolisian Tersebut akan dipindahkan ke lokasi bekas pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo yang ada di Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, pemindahan Mapolres Gorontalo tersebut sudah lama direncanakan, hanya saja baru mulai dilaksanakan saat ini. Setelah dua kali Polres Gorontalo diterjang banjir, kata dia, membuat pemindahan tersebut semakin perlu dilakukan, mengingat polres merupakan salah satu instansi vital di daerah itu.

“Ide ini sudah lama, tapi puncaknya nanti pada banjir kemarin,” kata Nelson Pomalingo saat diwawancarai wartawan di Rumah Pribadinya di kecamatan Telaga Biru, Rabu (14/10/2021).

Dirinya mengungkapkan, kedatangan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Suharso Monoarfa ke Gorontalo pekan kemarin masih ada hubungannya dengan pemindahan Mapolres Gorontalo.

“Makanya pada saat kunjungan pak suharso Monoarfa kemarin,  kenapa saya bawa ke situ beliau, karena ini terkait dengan dukungan dana. Kita boleh pindah, tapi dana dari mana?,” kata Nelson Pomalingo

Rencana pemindahan Polres Gorontalo tersebut sudah dibicarakan dengan Polda dan Polres Gorontalo. Pihaknya bahkan sudah lebih dari dua kali melakukan rapat. Bahkan, kata dia, dalam Waktu dekat Pihak Mabes Polri akan berkunjung ke Kabupaten Gorontalo terkait hal tersebut.

“Sebelum kedatangan pak Suharso Monoarfa kemarin, kita sudah rapat dengan polda dan polres. Setelah kedatangan beliau kemarin itu, kami bersama polres dan polda berkunjung ke lapangan dan hari ini kami rapat lagi. Dan besok akan ada mabes Polri berkunjung ke sini,” Ungkapnya.

Saat Pihaknya, terus melakukan Koordinasi dengan Polda dan polres Gorontalo. Hasil rapat tersebut akan diteruskan ke mabes Polri. Sedangkan, Dirinya akan segera menindaklanjuti hal tersebut ke Bappenas RI.

“Insya Allah bulan ini (administrasinya) kita tuntaskan, paling lambat bulan depan. Mudah-mudahan ini bisa masuk di tahun 2022. Setelah administrasi nya selesai,” kata Nelson Pomalingo.

Dirinya optimis rencana tersebut akan terwujud. Apalagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo memang telah menyediakan anggaran pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Polres Gorontalo. 

“Kita untuk polres itu sudah ada anggaran khusus pembangunan Rusunawa, itu tinggal pembangunan. Nah, jadi tinggal Kantornya yang akan kita selesaikan. Saya juga sudah bentuk tim terkait hal itu.” Kata Nelson Pomalingo.

Saat ditanyakan terkait status tanah bekas pembangunan Gedung DPRD yang saat ini masih bermasalah, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa hal tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo.

“Saya rencananya akan tukar hibah, karena disitu juga masih ada problem di kejaksaan. Kami akan menyurat besok hingga ada  pernyataan dari kejaksaan bahwa ini sudah selesai. Karena itu saya dengar sudah tidak ada masalah,” kunci Nelson Pomalingo. (***)

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 122 times, 1 visits today)

Komentar