Jumat, 3 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Proses Pengisian Kursi Ketua DPRD Masih Lama

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 23 November 2021 | 02:05 AM Tag: , ,
  Rapat Banmus terkait rencana rapat paripurna pemberhentian Al. Djafar Ismail sebagai anggota dan Ketua DPRD Gorontalo Utara, Senin (22/11/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Nampaknya proses pengisi kursi Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut) masing panjang. Pasalnya, lembaga tersebut baru akan menggelar paripurna pemberhentian Alm. Djafar Ismail sebagai anggota dan ketua DPRD. 

Informasi ini diperoleh setelah Badan Musyawarah (Banmus) menggelar rapat pada Senin (22/11/2021) terkait rencana paripurna pada Selasa (23/11/2021). Kepastian pelaksanaan rapat paripurna tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua, DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik usai pelaksanaan rapat Banmus.

“Tadi Banmus telah melaksanakan rapat dan membahas tentang pelaksanaan rapat paripurna terkait dengan pemberhentian jabatan ketua dan juga pemberhentian sebagai anggota dewan,” ungkapnya.

Menurut Hamzah Sidik, skema yang mengemuka seperti itu, akan ada 2 agenda dalam paripurna tersebut. 

“Nantinya untuk hasil rapat paripurna tersebut akan disampaikan ke gubernur Gorontalo melalui bupati Gorontalo Utara,” kata Hamzah Sidik.

Terhadap hasil rapat paripurna tersebut, DPRD akan menyurat ke bupati Gorontalo Utara terkait dengan pemberhentian jabatan dan juga pemberhentian sebagai anggota dewan. 

“Suratnya ke gubernur, akan tetapi melalui bupati,” jelasnya.

Pelaksanaan rapat Banmus tersebut berdasarkan surat masuk yang ternyata sejak Kamis 18 November 2021. 

“Nanti kita akan lihat prosesnya sampai berapa lama, karena kita menunggu surat keputusan dari gubernur. Alasannya, untuk anggota DPRD Kabupaten SK dari gubernur,” tegasnya.

Untuk limit waktu yang dibutuhkan biasanya 2 pekan, namun itu kata Hamzah Sidik, tergantung dari gubernur. Apakah akan memanfaatkan hanya dalam waktu 5 hari atau sampai 2 pekan. 

“Namun yang pasti, ketika surat masuk sudah ada, itu akan langsung ditindaklanjuti secara kelembagaan,” kuncinya.

Jika melihat keterangan di atas, nampak jelas jika proses pengisian kursi Ketua DPRD Gorontalo Utara masih lama. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar