Rabu, 26 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Psikolog Ungkap Pentingnya Curhat dengan Orang Terdekat

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 7 Desember 2021 | 04:05 AM Tag: , , , , ,
  Ilustrasi. (iStockPhoto.com/PonyWang)

Hargo.co.id – Psikolog Klinis Oriza Sativa menjelaskan pentingnya bagi seseorang mencurahkan hati kepada orang-orang terdekat untuk menghindari depresi.

Dia mengatakan definisi seseorang yang sehat mental, yaitu memiliki sahabat alias orang terdekat, meskipun hanya satu orang.

Menurut Oriza, sahabat diperlukan sebagai teman yang bisa mendengarkan keluh kesah sehingga mengurangi beban emosional dalam diri seseorang.

“Masalahnya selesai enggak? Enggak, tetapi paling tidak kita bisa mencurahkan unek-unek,” kata Oriza sebagaimana dilansir JPNN.com, Senin (6/12).

Oriza pun mengungkapkan banyaknya kasus remaja yang mengalami depresi hingga menyakiti dirinya sendiri, dan tidak mencurahkan perasaannya kepada orang-orang terdekat.

“Banyak sekali remaja, itu, tidak melakukan curhat, malah sibuk untuk self harm. Mereka cutting, mereka jedotin kepala, mereka gigit badannya, banyak sekali,” ujar Oriza.

Oleh karena itu, dia mengimbau generasi muda untuk tidak mencurahkan hatinya di media sosial (medsos).

Sebab, katanya, tidak ada yang bisa mencegah respons publik terhadap isi curhat melalui medsos.

“Gunakanlah media sosial dengan bijak,” imbau alumnus Universitas Katolik Soegijapranata itu.

Selain itu, tambah Oriza, menceritakan diri sendiri di media sosial bisa menimbulkan citra diri yang negatif sehingga hal tersebut perlu dilakukan secara tertutup dengan orang-orang tertentu. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Hindari Depresi, Ini Pentingnya Curhat dengan Orang Terdekat“. Pada edisi Senin, 06 Desember 2021.
(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar