Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PT Syngenta Luncurkan Benih Jagung ‘NK Andalan’

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial , pada Jumat, 21 Februari 2020 | 19:30 WITA Tag: ,
  Panen raya di Sumalata. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebagai salah satu wujud komitmen guna mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan, PT Syngenta meluncurkan benih jagung yang diberi lebel ‘NK Andalan’. Ini dilakukan khususnya peningkatan produksi jagung melalui introduksi benih jagung hibrida unggul.

Informasi yang berhasil dihimpun peluncuran ini berlangsung pada (Kamis (20/02/2020) di Desa Mebongo, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Syngenta menampilkan performa benih jagung hibrida ‘NK Andalan’ pada setiap fase pertumbuhan dan melakukan panen raya hasil budidaya para petani ‘NK Andalan’ binaan Syngenta Indonesia.

Benih ‘NK Andalan’ yang dikenal dengan slogan ‘Hasil Memuaskan’ ini, dapat mencapai hasil rata-rata 8,9 ton per hektar dengan harga kompetitif. Hal ini dapat menjadi solusi peningkatan produksi, karena dengan teknologi budidaya yang selama ini biasa dilakukan, petani Gorontalo hanya menghasilkan jagung dengan produktivitas rata-rata 5,2 ton per hektar sesuai keterangan dari Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan Gorontalo Utara.

BACA  Terdampak Covid-19, Pekerja Komersial dapat Bantuan Pemprov Gorontalo

Sesuai rilis yang dikirim pihak Syngenta, benih jagung ‘NK Andalan’ cocok ditanam di lahan tadah hujan dan lahan irigasi setelah penanaman padi. Profil ‘NK Andalan’ berbatang kokoh sehingga tidak mudah rebah, dengan daun yang awet hijau hingga masa panen sehingga memaksimumkan pengisian biji.

Benih jagung hibrida ini merupakan hasil inovasi yang sesuai untuk keadaan alam di Gorontalo Utara yang sebagian besar merupakan dataran rendah. Kabupaten Gorontalo Utara memiliki lahan jagung yang sangat produktif seluas 33.907 hektar.

Pemerintah Gorontalo Utara saat ini sedang berusaha melakukan peningkatan produksi jagung dengan harapan dapat menjadi salah satu penyuplai untuk kebutuhan ekspor. Tak hanya sebagai bahan pangan, jagung juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri pakan ternak dan salah satu komoditas pertanian untuk diekspor.

BACA  Pembangunan Jalan di Ponelo Kepulauan Gagal, Dua Aleg Protes

Peluncuran benih jagung ‘NK Andalan’ ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mensosialisasikan kepada petani terkait benih jagung yang berkualitas, berproduktivitas tinggi, dan dengan harga kompetitif. Benih ‘NK Andalan’ diharapkan menjadi pilihan petani untuk dapat meningkatkan produksi pertanian mereka.

Pada acara ini, Syngenta juga memberikan pengetahuan terkait teknik budidaya tanaman jagung yang tepat terutama mengenai pengendalian hama ulat grayak jagung fall army worm (FAW) yang saat ini sudah banyak menyerang lahan-lahan jagung di Indonesia. Di Kecamatan Sumalata sendiri, telah ditemukan lahan jagung petani yang terserang hama ulat ini.

BACA  Wagub Ajak Warga Bumingkan Alquran di Gorontalo
Panen raya di Sumalata. (Foto Istimewa)
Panen raya di Sumalata. (Foto Istimewa)

Acara peluncuran ini dihadiri oleh sekitar 375 petani dan pengusaha jagung dari beberapa kecamatan di Gorontalo Utara serta pejabat pemerintah yaitu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo Utara, Ir. Kisman Kuka, Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan, Novicawati Sujito , Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Sumalata, Riton Timo, serta pemerintah kecamatan dan Desa Mebongo.

Roni Imran pada kesempatan itu menegaskan agar menyampaikan agar petani selalu bermitra dengan koperasi. Selain itu, memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Roni Imran juga mengajak petani untuk menanam NK Andalan di musim tanam Maret/April kali ini untuk meningkatkan produktivitas.

Laman: 1 2


Komentar