Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan 

Oleh Berita Hargo , dalam Ragam , pada Senin, 21 Mei 2018 | 13:19 PM Tag: , ,
  

 Gorontalo, Hargo.co.id – SELAIN menjadi amalan wajib pada bulan Ramadan, ternyata puasa memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh manusia. Karena sudah ada banyak penelitian tentang manfaat berpuasa. Seperti yang diungkapkan oleh dr Annisa Al Hamra, perempuan yang bekerja sebagai Dokter Internship di Rumah Sakit Tani dan Nelayan (RSTN) Boalemo ini mengungkapkan bahwa puasa memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.

“Dalam penelitian yang dilakukan oleh dr. M. Adi F, Spesialis Penyakit Dalam dijelaskan bahwa kontraktilitas usus menurun pada saat berpuasa menjadi sekali tiap 2 jam. Sehingga puasa bermanfaat pada kolitis spastik dan gangguan motilitas usus lainnya.

Selain itu, ada sebuah penelitian di Uni Emirat Arab yang menyimpulkan bahwa pada orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah, secara spesifik disebutkan menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL yang baik bagi jantung dan pembuluh darah, yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke,” ungkap perempuan yang akrab disapa dr. Nisya ini.

Tidak hanya memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan seperti yang dijabarkan sebelumnya, berpuasa juga mempunyai manfaat terhadap psikis manusia. “Dalam penelitian lainnya puasa menurunkan kadar kortisol yaitu hormon yang bekerja pada keadaan stress serta meningkatkan hormon endorphin yang menimbulkan perasaan sehat dan bahagia.

Secara singkat sangat banyak manfaat lain puasa terhadap kesehatan, seperti meningktakan kemapuan otak sehingga dapat berfikir lebih tajam, meningkatakan sistem imun tubuh serta meremajakan sel-sel tubuh,” jelas anak pertama dari pasangan almarhum Asri Amirudin dan Liza Rosanti tersebut.

Perempuan kelahiran 5 September 1994 ini berharap apa yang dibagikannya ini dapat bermanfaat dan bisa diterapkan oleh orang-orang yang membaca. “Terus berbagi dalam bentuk apapun terutama di bulan Ramadan.

Termasuk berbagi info-info yang berguna. Mengutip kalimat dari Plato, puasa adalah untuk mengobati sakit fisik dan mental. Keep happy and healthy people!” tutup alumni Universitas Andalas tersebut.(zt10/hg)

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar