Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pusat Salat Id di Gorontalo? Ini Ada 8 Titik

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 10 September 2016 | 11:34 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Lebaran Idul Adha 1437 Hijriyah akan dirayakan serentak oleh umat islam di tanah air pada Senin (12/5) mendatang. Di Gorontalo sendiri pelaksanaan salat Id akan berlangsung sedikitnya di tujuh titik.

Di Kota Gorontalo, salat Idul Adha akan dipusatkan di Lapangan Taruna Remaja dan Masjid Baitturahim. Direncanakan Walikota Gorontalo Marten Taha akan melangsungkan salat idul Adha di Lapangan Taruna. Sementara Wakil Walikota akan salat idul Adha di Masjid Baiturrahim.

Di Kabupaten Gorontalo, pelaksanaan salat Idul Adha dipusatkan di Masjid Baiturrahman Limboto. Menariknya, khatib yang dihadirkanadalah Ketua MUI Provinsi Sulawesi Tenggara Zakri Napu.

BACA  Kawasan Center Point Jadi Primadona untuk Ngabuburit di Gorontalo 

“Zakri Napu memang diundang khusus untuk khutbah Idul Adha. Selain itu beliau juga memang putra Gorontalo,” ungkap Kabag Kesra dan Budaya Kabupaten Gorontalo Zainudin Lasido.

Selain di Masjid Agung Baiturrahman Limboto, pelaksanaan Salat Idul Adha juga dipusatkan di masjid-masjid tiap kecamatan. Termasuk pula untu salah satu pusat untuk warga Muhammadiyah yakni di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG).

Di Kabupaten Bone Bolango, yang menjadi pusat salat Idul Adha ada empat titik yakni di Masjid Agung Al-Marhamah. Di masjid terbesar di Bone Bolango itu nantinya akan dihadiri Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan para kepala SKPD.

BACA  Berbagi Berkah, Idah Syahidah Sambangi ODHA di Gorontalo

Adapun yang menjadi khotib di masjid itu yakni Adam Nisifu, Imam Abdul Rasyid Salilama, Bilal Suleman Patalani. Hal ini disampaikan Imran selaku Kepala Bidang Keagamaan bagian Kesra Bone Bolango kepada awak koran ini kemarin.

Sementara itu tiga titik lain untuk pelaksanaan salat Id yakni di masjid besar Al – Mutaqadin Kecamatan Kabila, Masjid Al-Mutatahirin Kecamatan Tapa, serta masjid Al-Ikhlas Kecamatan Bilungala.

“Jadi empat wilayah itu selain menjadi pusat salat idul adha, juga menjadi sasaran distribusi sapi kurban dari para SKPD di Bone Bolango,”tandasnya.

Di Gorontalo Utara, salat Idul Adha akan dilaksanakan di Masjid Agung Baiturahim dan halaman kantor bupati. Usai menggelar sholat Idul Adha bupati bersama wabup, ketua DPRD akan menyerahkan hewan Quran kepada pengurus Masjid untuk disembelih.

BACA  Tak Diizinkan Beroperasi, Supir Taksi di Gorontalo Dapat Bantuan 

Di Kabupaten Boalemo, Kabag Kesra Delvi Yusuf menjelaskan, pelaksanaan salat Idul Adha akan dipusatkan di alun-alun Tilamuta. “Untuk penyembelihan hewan Qurban juga akan dilaksanakan di Alun alun Tilamuta,” katanya.

Kabag Kesra Pohuwato, Daiman Ali menjelaskan, bupati dan wakil bupati beserta unsure Forkopimda rencananya akan salat berjamaah di Mesjid Agung Pohuwato.

“Rencananya akan dilaksanakan pula penyembelihan hewan kurban usai sholat Id,” pungkasnya.(nat/and/abk/gip/roy/kif)


Komentar