Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Puskesmas Bilato Terendam Air

Oleh Aslan , dalam Gorontalo , pada Rabu, 25 April 2018 | 14:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, BILATO – Akibat curah hujan beberapa jam yang melanda wilayah Kecamatan Bilato dan sekitarnya, Selasa (24/4), Puluhan rumah di wilayah tersebut direndam banjir. Parahnya, salah satu Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Bilato juga ikut diterjang banjir.

Akibatanya, obat-obatan hingga peralatan medis di dalam puskesmas tersebut ikut terendam air hingga setinggi 30 CM atau seukuran betis orang dewasa.

BACA  Hujan Deras Guyur Kota Gorontalo, Sejumlah Jalan Tergenang Air

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, banjir itu terjadi sekira pukul 18.30 Wita. Saat hujan deras turun dalam waktu hampir dua jam, air mulai naik hingga akhirnya masuk ke dalam puskesmas. Selain obat-obatan dan peralatan medis, beberapa berkas penting juga ikut terendam.

BACA  Ini Yang Dilakukan Pemprov Gorontalo Hadapi PPKM Mikro

Hingga pukul 20.30 Wita, intensitas air belum turun, hingga membuat warga was-was. Banjir tersebut ditengarai akibat maraknya penebangan hutan secara liar dan banyak lahan di pegunungan yang telah dialihkan warga menjadi perkebunan. Tak hanya itu, di Puskesmas Bilato sendiri saluran air memang tak mampu menampung debit air dengan intensitas tinggi.

BACA  Dapat Dukungan dari Australia, Penyandang Disabilitas di Gorontalo Dapat Pelatihan Menjahit

Kepala Puskesmas Bilato Dr. Yulia membenarkan bahwa piskes tersebut digenangi air. “Besok rencananya kami akan memperbesar saluran yang di depan puskes. Hal itu yang membuat debit air masuk sampai ke puskes,” ungkap Yulia. (tr-58/hg)


Komentar