Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Puskesmas Penentu Pasien Covid-19 Isolasi di Rumah Sakit

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:35 WITA Tag: , , ,
  Ruang isolasi pasien Covid-19. (Foto : ANTARA/HO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan dr. Rita Rogayah, mengatakan, penentuan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ke rumah sakit atau hotel isolasi mandiri harus ada rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) seperti Puskesmas.

Berbeda dengan pasien yang ada keluhan atau bergejala itu langsung dirujuk ke rumah sakit.

“Kalau di hotel isolasi mandiri untuk yang terkonfirmasi tanpa gejala,” ujar dr. Rita Rogayah dalam talkshow ”Update Wisma Atlet: Ketersediaan Fasilitas Isolasi Mandiri dan Perkembangan RS Rujukan di 11 Provinsi Prioritas” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, Senin (12/10).

BACA  Hindari Kerumunan, Demo Omnibus Law Tak Dapat Izin

Untuk itu, masyarakat yang mengalami gejala mirip Covid-19 diminta segera datang ke rumah sakit atau faskes setempat untuk memastikan penanganan secara dini.

Petugas faskes atau puskesmas setempat nantinya yang memutuskan penempatan masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19.

Rita mengatakan, sebanyak 132 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dari Surat Keputusan Kementerian Kesehatan dengan 35 ribu tempat tidur dan 771 dari SK Gubernur atau Kabupaten/Kota. Sehingga total seluruhnya 51.202 tempat tidur isolasi.

BACA  Tekan Angka Kasus Covid-19, Butuh Kesadaran Personal

“Kalau kita lihat saat ini sampai Oktober terlihat penambahan ruang isolasi,” ujarnya.

Terkait persentase ruang isolasi, kata Rita, masih tersedia 40% – 50%. Jadi kalau dilihat kondisi rasio penggunaan tempat tidur di ruang isolasi mandiri ketersediaan masih mencukupi.

“Mudah-mudahan tidak bertambah kasusnya, tapi kami sudah menyiapkan rumah sakit rujukan dari SK Kemenkes dan SK Gubernur,” jelas Rita.

BACA  Makin Banyak Pasien Covid-19 yang Sembuh

Rita menegaskan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalankan perawatan di rumah sakit rujukan atau hotel isolasi mandiri gratis. Seluruh biaya perawatan dari rumah sakit atau hotel ditanggung pemerintah.

“Jadi masyarakat tidak dibebani. Semuanya ditanggung pemerintah. Kalau seandainya masuk rumah sakit hingga ICU semua biaya adalah tanggungjawab pemerintah,” ujarnya.(HARGO)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar