Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Putra Gorontalo Ketua Panitia Piala Dunia U-20

Oleh Berita Hargo , dalam Indonesia 99 Kata Sepakbola , pada Jumat, 3 Juli 2020 | 00:03 WITA Tag: ,
  Menpora, Zainudin Amali


Hargo.co.id, GORONTALO – Presiden Joko Widodo menunjuk putra Gorontalo, Zainudin Amali, yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebagai ketua panitia penyelenggara piala dunia U-21 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC), yang akan berlangsung tahun depan.

INAFOC terbentuk usai Zainudin Amali menghadiri rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri lainya, dan ketua umum persatuan sepakbola seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan. INAFOC diketuai Menpora Zainudin Amali, sementara untuk prestasi Timnas Indonesia menjadi tanggung jawab PSSI.

BACA  Zainudin Amali Jadi Dosen Penguji Ida Fauziyah

“Karena ini seluruh pembiayaan akan dilakukan melalui APBN maka untuk panitia penyelenggara yang ada unsur pemerintahannya akan membentuk INAFOC dan keputusan rapat tadi INAFOC dipimpin oleh menteri yang membidangi yaitu, Menpora,” kata Amali saat jumpa pers di Kantor Kemenpora, Rabu (01/07/2020).

Zainudin mengatakan, akan mencari orang-orang yang tepat untuk masuk dalam INAFOC. Pria asal Telaga, Kabupaten Gorontalo ini, mengkolaborasikan berbagai pihak yang ada sehingga tercipta kepanitiaan yang solid demi kesuksesan Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

BACA  Menpora Siap Bantu SMA Olahraga di Kabupaten Gorontalo

“Susunannya akan kami buat. Semenpora (Gatot S. Dewa Broto,red) akan rapat untuk merampungkan Surat Keputusan melalui Keppres (Keputusan Presiden), kemudian saya akan melengkapi kepanitian selanjutnya. Tentu, akan melibatkan PSSI dan semua Kementerian, dan lembaga terkait semua akan dilibatkan,” ujarnya.

“Karena ini menyangkut pembiayaan APBN. Jadi bukan karena Menpora ketua, isinya orang Kemenpora saja. Nanti akan ada orang yang expert di bidangnya, bukan seperti kita bikin panitia 17 Agustus. Jadi saya akan lihat siapa yang berkompeten akan terlibat,” tambahnya.

BACA  Pondasi Tergerus Air, Jembatan Bilungala Ambruk

Ia memastikan, dalam susunan INAFOC tidak didominasi unsur Kemenpora,  tapi ada dari PSSI, TNI/Polri. “Dan berbagai bidang yang dianggap penting dan perlu masuk dalam kepanitiaan,” sambungnya.

Penunjukkan Zainudin sekaligus menepis kabar yang menyebut Iwan Budianto, sebagai ketua INAFOC. Sebelumnya, ada isu penyelenggaraan Piala Dunia U-20, berada di bawah kendali wakil ketua umum PSSI tersebut. (tro/goal.com/hg)


Komentar