Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Quality Time Bareng Mama

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Sabtu, 21 April 2018 | 02:42 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id,Zetizen-GP-Menjadi anak rantau atau yang biasa disebut dengan Rantauers bukanlah perkara mudah, apalagi bagi kita yang terbiasa hidup dekat dengan Mama. Banyak hal yang dulunya selalu kita kerjakan dengan bantuan Mama, akhirnya di tanah rantau harus belajar kita atasi sendiri. Kerinduan akan Mama dan Rumah pun tidak bisa kita elakkan. Hal ini pula yang selalu membuat kunjungan Mama menjadi hal yang paling kita tunggu-tunggu. Bagi kebanyakan Rantauers, ketika Mama berkunjung, tak adalah hal boleh mengganggu.

Tapi, tidak semua orang mengerti. Tidak semua orang dapat memahami perasaan itu. Terlebih bagi mereka yang belum pernah merasakan hidup di perantauan dan hingga saat ini masih hidup bersama Mama. Maka, ketika Quality Time kita bersama Mama tiba, terkadang mereka suka mengganggu. Apalagi misalnya jika kita punya sebuah tanggung jawab dalam kelompok. Mereka tidak mau mengerti dan memaksa kita tetap dengan tanggung jawab itu. Akhirnya, Quality Time bersama Mama terganggu atau bahkan hilang sama sekali, padahal kesempatan bersama Mama sangat jarang kita dapatkan. Lalu? Apa yang harus kita lakukan ketika berada di posisi seperti ini?

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

1. Jelaskan dengan baik. Terkadang, cara menjelaskan yang judes akan membuat rasa empati mereka menurun.

2. Berikan bukti langsung. Kita bisa mengambil foto kita sedang bersama Mama lalu kirimkan kepada mereka yang kurang percaya dan menuduh kita hanya membuat alasan saja.

3. Pamit lalu menghilanglah. Hal ini bukan berarti kita lari dari tanggung jawab. Tapi memang terkadang kita harus mengorbankan sesuatu untuk bisa mendapatkan yang lain. Lagipula, sekali-sekali kita harus lebih mementingkan kebahagiaan diri sendiri daripada orang lain. (ZT-11)

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

 


Febby Febrianti Gusasi

Hukum, Universitas Negeri Gorontalo

Menjadwalkan Quality Time 
Alhamdulillah, saya sering dapat waktu quality time dengan orangtua. Khususnya Mama. Biasanya kalau dapat waktu untuk QTIME saya dan mama selalu bercerita banyak hal atau sekadar jalan-jalan. Dan buat saya, sangat lah penting untuk menjadwalkan QTIME dengan orangtua. Karena waktu tersebut merupakan suatu periode waktu di mana kita dan keluarga bisa menikmati kebersamaan saat bersama tanpa perlu mengkhawatirkan hal-hal lainnya.(ZT-10)


Moh. Dandriyandi I. H. Tomu

SMA N. 1 Tilamuta

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

Terbangunnya Kebersamaan 
Ketika quality time itu ada dalam sebuah keluarga, maka rasa kebersamaan dalam keluarga itu akan terbangun dan kemunkginan besar dalam sebuah keluarga akan saling keterbukaan sikap dan saling mengerti antar anggota keluarga. Bukan itu aja, tapi juga dapat menimbulkan yang namanya rasa kehangatan dan senang dalam keluarga itu sendiri. (ZT-07)

 


Ismet Bakari

SMA N 4 Kota Gorontalo

Luangkan Waktu
Saat ini banyak orang yang jarang bahkan tak memiliki waktu untuk quality time bersama keluarga. Dengan sebab kesibukannya masing-masing. Jadi luangkan waktu bareng keluarga itu penting. Seperti hal yang aku lakukan, memanfaatkan quality time bersama keluarga dengan makan bersama dan liburan.(ZT-07)


Komentar