Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Gorontalo Resmi Diluncurkan

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 31 Maret 2021 | 11:05 WITA Tag: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) menyerahkan QRIS untuk Masjid Djabbal Muhsinin Kantor Gubernur Gorontalo pada peluncuran QRIS untuk lingkungan Pemprov Gorontalo dan bentor di Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Rabu (31/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk lingkungan Pemprov Gorontalo dan juga untuk 1.000 becak motor (bentor), Rabu (31/03/2021).

QRIS sendiri merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia yang dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan QRIS secara simbolis kepada pengurus Masjid Djabbal Muhsinin dan Kantin Agropolitan Kantor Gubernur Gorontalo, serta pengemudi bentor. Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim memanfaatkan layanan QRIS untuk bersedekah ke Masjid Djabbal Muhsinin.

BACA  Program 'Kota Layak Anak' Tanggung Jawab Bersama

“Saya berharap QRIS ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas karena penggunaannya yang sangat mudah, cepat, dan aman,” kata Idris.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto mengungkapkan, penggunaan transaksi digital termasuk QRIS pada bulan Januari 2021 di seluruh Indonesia mencapai Rp2.649 triliun atau tumbuh sebesar 18,59 persen. Khusus untuk transaksi QRIS pada bulan Januari 2021, mencapai 14 juta transaksi dengan nilai kurang lebih Rp1 triliun.

BACA  Tegas, Wagub Gorontalo Minta Aparaturnya Wajib Beri Layanan Publik Berkualitas

Budi menambahkan, pemerintah pusat menargetkan implementasi QRIS di seluruh Indonesia sebanyak 12 juta merchant atau pedagang dan lembaga sosial lainnya. Dari jumlah itu, Gorontalo ditargetkan sebanyak 31 ribu merchant yang sudah menggunakan QRIS hingga tahun 2021 ini.

BACA  Hadapi Cuaca Ekstrim, Ini Harapan Wagub Gorontalo Terhadap Instansi Terkait

“Kita harus mencapai 16 ribu merchant di tahun ini karena sampai saat ini kita baru mencatat 15 ribu merchant. Tentunya kerja sama antara pemerintah daerah dengan BI, perbankan, dan seluruh pihak terkait dapat mempercepat tercapainya target ini,” pungkas Budi.(zul/adv/hargo)


Komentar