Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rachmat Gobel Penentu Calon Nasdem di Pilkada

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Headline Kabar Politik , pada Sabtu, 21 Desember 2019 | 02:05 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang Pilkada 2020, Partai Nasdem belum menetapkan siapa figur yang akan diusung untuk bertarung di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango.

Kendati begitu sejumlah nama banyak mencuat, seperti di Kabupaten Gorontalo, yang paling dominan ada nama Rustam Akili, disusul Sofyan Puhi dan Rahmijati Jahja.

Begitu pun di Kabupaten Bone Bolango, nama Hamim Pou masih cukup tangguh, yang mencuat justeru sejumlah nama calon pendamping Hamim, seperti Yuriko Kamaru, dan Yusar Laiya.

“Yang menentukan siapa yang akan diusung Nasdem, tunggu pak Rachmat Gobel,” kata politisi Nasdem, David Bobihoe, saat diskusi terbuka di Cafe Handaleya, Limboto, Rabu (18/12/2019).

Menurutnya, Rachmat Gobel sudah memberi bocoran siapa yang akan ditetapkan sebagai calon bupati, namun ia tidak etis menyebutnya sebelum Rachmat Gobel yang menyebutnya lebih dulu.

BACA  KPU Pohuwato Matangkan Persiapan Pendaftaran Kontestan Pilkada 

“Sudah ada, saya sudah tau siapa calon Bupati,” kata  David.

Dalam kesempatan itu, David juga mengkonfirmasi terkait maraknya baliho yang menampilkan Sofyan Puhi dan Rahmijati Jahja, menurut David jika baliho-baliho itu hanyalah sekadar gambar saja.

Yang pasti kata David, Nasdem akan ambil bagian pada tiga Pilkada di Gorontalo, ia juga menyebutkan, Nasdem tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai politik lainya. Partai besutan Surya Paloh ini, lanjut David, akan mengusung kader sendiri, terutama di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango. David menegaskan, pada Pilkada nanti, ia bersama istrinya, Rahmijati Jahja akan full memenangkan calon Nasdem.

BACA  Paket SMS Terpapar Covid-19, Jubir: Itu Bukan Sebuah Aib

“Ini sikap politik saya. Saya bersama ibu (Rahmijati) akan allout dukung calon Nasdem,” tegas mantan Bupati Kabupaten Gorontalo dua periode itu.

Ketua Nasdem Kabupaten Gorontalo, Rustam Akili, juga tak menampik jika keputusan figur yang akan diusung pada Pilkada berada di tangan Rachmat Gobel. Wakil ketua DPR RI itu, lanjut Rustam juga yang nantinya menjadi tokoh sentral kemenangan Nasdem pada Pilkada nanti.

“Harus menang, hanya itu pesan beliau. Kita tunggu,” ujar Rustam. “Yang jelas, jika pak David sebut sudah tahu siapa calon Bupati (Kabupaten Gorontalo) dari Nasdem, saya juga sampaikan jika saya juga sudah tahu siapa calon Gubernur dari Nasdem mendatang,” ujar Rustam Akili.

Soal namanya yang disebut-sebut menjadi kandidat kuat diusung Nasdem, Rustam mengatakan, siap menjalankan keputusan partai. Melawan petahana menurutnya tidak menjadi persoalan, apalagi memang banyak yang mesti dibenahi di Kabupaten Gorontalo.

BACA  Paket Ber-Iman Ngaku Keterwakilan Kaum Milenial

Pengalamanya bersama Rachmat Gobel yang komitmen membangun daerah menjadi salah satu modal utama membawa Kabupaten Gorontalo lebih maju. Rustam mencontohkan soal rencana kerjasama dengan Jepang, itu harus terealisasi di Kabupaten Gorontalo, karena sangat menguntungkan daerah.

Sebelumnya, rencana koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS sempat mencuat saat kunjungan Rachmat Gobel ke Jepang bersama sejumlah pengurus Nasdem Gorontalo. Dalam kunjungan itu, juga ikut Ketua DPD Demokrat Gorontalo, Gusnar Ismail dan Ketua DPW PKS Gorontalo, Adnan Entengo. ‘Koalisi Jepang’ ini, disebut bakal menjadi rintangan besar bagi petahana. (rwf/gp/hg)


Komentar