Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rahmat Hasan Menyapa Warga di Dapil Telaga Cs

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 2 April 2022 | 08:05 Tag: , , , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Hasan

Hargo.co.id, GORONTALO Anggota DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rahmat Hasan mengaku puas dengan kegiatan reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 di Daerah Pemilihan (Dapil) II Talaga Cs karena warga sangat antusias. Adapun lokasi reses di hari pertama bertempat di Desa Pentadio Barat, Desa Tinelo, Desa Ulapato B. Reses di gelar terhitung mulai 30 Maret sampai 1 April 2021.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias menghadiri reses kami di Kecamatan Telaga Biru. Hari pertama kami fokus pada dialog atau tata muka untuk mendengarkan aspirasi pemuda dan masyarakat,” kata Rahmat. 

Fokus dialog wakil rakyat mengambil lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Pelaksanaan reses dilakukan di aula masing-masing kantor desa yang dikunjungi. 

Rahmat mengungkapkan, berbagai aspirasi masyarakat disampaikan di wilayah tersebut. Mulai dari aspirasi perbaikan drainase, infrastruktur jalan, bantuan sosial, jalan tani, permintaan anggaran Kelompok Usaha Bersama (KUBE), hingga Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Yang paling dominan permintaan bantuan kepemudaan (untuk KUBE) dan BSPS untuk warga yang kurang mampu,” jelas Rahmat. 

Menyambung Rahmat, Anggota Komisi II DPRD Arifin Kilo mengungkapkan, untuk menindaklanjuti keinginan dan harapan warga akan diusulkan melalui pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD dengan menggunakan aplikasi berbasis elektronik. 

Penggunaan e-pokir dinilai sangat efektif dalam menampung segala usulan dan masukan dari masyarakat agar terealisasi dengan maksimal dan terstruktur.

“Pokir menjadi bagian tak terpisahkan dari proses APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Misalnya, ada satu program yang belum dapat direalisasikan dalam APBD induk, maka dapat dilanjutkan di APBD-P,” terang Arifin. 

Menurut dia e-pokir dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat apabila yang diajukan merupakan program yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, pembahasan pokok-pokok dan anggaran akan mengemuka di DPRD dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang menjadi cikal bakal Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). 

“Atas semua proses ini, aspirasi masyarakat diharapkan dapat selaras dengan program pemerintah. Dengan demikian tercipta sinergitas dalam membangun daerah,” tandas Arifin. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar