Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rahmat Hasan: Stop Kekerasan Verbal Terhadap AnakÂ

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 3 April 2021 | 12:05 PM Tag: ,
  Ilustrasi. Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Hasan mengajak untuk menghentikan kekerasan verbal terhadap anak. (Foto: Istimewa/Google)

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini di Gorontalo, lagi marak kekerasan verbal terhadap anak. Guna mengantisipasi hal seperti itu, semua kalangan harus turun tangan untuk menekan angka kekerasan ini termasuk peran orang tua.

“Saya mengajak sama-sama kita bangun gerakan kerakyatan. Stop Kekerasan Verbal Terhadap Anak,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Hasan saat menghubungi media ini, Sabtu (03/04/2021).

Rahmat Hasan menyampaikan, kekerasan verbal adalah kekerasan terhadap perasaan dengan menggunakan kata-kata yang kasar tanpa menyentuh fisik. Bukan hanya pada anak-anak, kekerasan verbal ini juga cenderung dialami oleh orang dewasa. 

“Penting orang tua mengetahui hal ini, dampak negatifnya bisa berujung pada kondisi emosional anak. Bahkan, kekerasan verbal menyebabkan seorang anak melakukan perilaku buruk dil ingkungannya,” tutur Rahmat Hasan.

Bukan hanya di rumah, Rahmat Hasan melihat kekerasan verbal pun masih sering terjadi di lingkungan sekolah atau kampus. 

“Tempat pendidikan yang seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi mereka terkadang juga sering tidak terkontrol, bullying hingga saling ejek,” ujar Rahmat Hassan. 

Menurut politisi PPP ini, masih banyak orang tua yang belum memahami tentang tindak kekerasan kepada anak melalui perkataan. Mereka sering menganggap itu sebagai hal yang biasa. Padahal luka sang anak ketika disakiti secara verbal lebih dalam dibandingkan luka korban perkosaan. 

“Kekerasan verbal dan emosional yang dilakukan orang tua menimbulkan barut luka kepada anak yang lebih dalam, maka dari itu kampanye kekerasan verbal harus lebih giat lagi baik oleh pemerintah termasuk orang tua,” tuturnya. (wie/adv/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar