Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rahmijati Jahja Bersama Pimpinan PURT DPD RI Monitoring di Gorontalo 

Oleh Admin Hargo , dalam Senayan , pada Selasa, 12 Juli 2022 | 22:05 Tag: , ,
  Rombongan PURT DPD RI saat foto bersama di depan Kantor DPD RI Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Bersama anggota DPD RI dari Dapil Gorontalo, Hj. Rahmijati Jahja, S.Pd, melakukan monitoring dan evaluasi di Kantor DPD RI perwakilan Provinsi Gorontalo, pada Selasa (12/07/2022). 

Informasi yang berhasil dihimpun, selain Rahmijati Jahja, hadir dalam rombongan itu pimpinan PURT DPD RI, Ketua, H. Ahmad Nawardi, S.Ag, Wakil Ketua I, Hasan Basri, S.E., M.H, Wakil Ketua II, Ir. Stefanus B.A.N. Liow, M.A.P dan Wakil Ketua III, Sudirman. Monitoring dan evaluasi pengelolaan kantor DPD RI di Provinsi Gorontalo dibuka pada pukul 10.00 Wita.

“Sesuai dengan UU MD3, salah satu tugas PURT adalah membantu Pimpinan DPD RI dalam menyusun kebijakan anggaran dan kerumahtanggaan DPD RI di ibu kota provinsi. Setelah diskusi diperoleh beberapa hasil dan masukan,” kata Rahmijati Jahja. 

Lanjut katanya, kesimpulan yang diperoleh diantaranya, anggaran operasional kantor, kantor DPD RI di Gorontalo yang masih sewa sehingga biasanya pindah setiap, namun kantor sewa yang sekarang sudah bertahan selama 3 tahun. Selain itu, anggaran kantor daerah masih tersentralisasi di Room sehingga kesulitan pembiayaan kegiatan yang tidak berprogram sebelumnya seperti kegiatan kunjungan Bappenas di kantor daerah untuk pelayanan terhadap tamu.

“Selain itu, listrik, PDAM dan telepon sudah terealisasi dengan rutin termasuk BBM perhari 10 liter. Masyarakat bingung letak dan alamat kantor DPD RI karena sering berpindah termasuk rentan kerusakan terhadap aset. Terakhir 2016 ada pengadaan aset dan sudah beberapa kali pengajuan sarpras pada 2019 namun hingga dengan hari ini belum disetujui,” ungkap Rahmijati seraya mengungkapkan jika yang diminta antara lain kursi dan meja.

Hal lain yang terungkap yakni Sekretaris Jenderal DPD RI telah menyurat kepada Pemprov Gorontalo dengan nomor PL.01.02/831/DPDRI/X/2018 tertanggal 15 Oktober 2018 mengenai permohonan hibah lahan untuk pembangunan kantor DPD RI perwakilan Gorontalo. Terhadap surat tersebut, direspon oleh Wakil Gubernur melalui Surat No.600/PUPR/1225/XI/2018 pada November 2018 bahwa: Pemprov Gorontalo telah menyediakan lahan hibah untuk pembangunan gedung kantor DPD RI di kompleks perkantoran vertikal di Kelurahan Padebuolo, Kota Gorontalo.

“Namun belum ada tindak lanjut dari Sekretaris Jenderal DPD RI terhadap surat Wakil Gubernur Gorontalo dimaksud,” kata Rahmijati Jahja.

Sementara itu, Stefanus B.A.N. Liow dalam sambutan lebih menekankan kinerja dan arah kebijakan PURT dalam program kerja tahun anggaran 2023. Kunjungan kerja ini rutin dilaksanakan setiap tahun guna mengecek, kondisi kantor dan apa saja yang menjadi keluhan. 

Pertemuan itu juga dihadiri seluruh staf DPD RI kantor perwakilan Provinsi Gorontalo. Menurut Stefanus B.A.N. Liow, berbahagialah staf yang ada di kantor perwakilan Provinsi Gorontalo. Alasanya, setiap ada keluhan, Rahmijati Jahja langsung diteruskan ke WA Group PURT.

“Di dalam grup itu ada Wakil Ketua DPD RI Purn, Nono Sampono sebagai coordinator PURT, dan kami pun sangat senang dengan gayanya ibu Senator 3 periode ini. Seperti beliau menyerahkan data terkait penerima manfaat Kementerian Sosial dan di lembaga DPD RI sangat mengenal Ibu Rahmijati Jahja dengan gaya blak-blakan yang spontanitas selama itu adalah kepentingan rakyat,” katanya. 

Kunjungan kerja ini berakhir pada pukul 11.00 Wita. (***)

 

Rilis: DPD RI 

(Visited 63 times, 1 visits today)

Komentar