Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rakyat Butuh Dana Tunai, Sandi Desak Pemerintah Segera Cairkan BSU

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 13 Agustus 2020 | 03:05 WITA Tag: , ,
  Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno mendukung langkah pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta senilai Rp 600 ribu per bulan. (dok JawaPos.com)


Hargo.co.id, JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno mendukung langkah pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta senilai Rp 600 ribu per bulan. Program itu dianggap efektif dan harus diprioritaskan.

“Saya rasa akan sangat efektif. Jadi saya mendukung sekali (kebijakan tersebut). Malah itu seharusnya diprioritaskan,” kata Sandi dalam keterengan tertulisnya sebagaimana yang dilansir JawaPos.com di Jakarta, Rabu (12/8).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan dengan adanya bantuan tunai tersebut, masyarakat khusunya karyawan yang bergaji minim memiliki uang di kantong dan itu bisa mereka gunakan sebagian untuk konsusmsi dan kebutuhan pokok.

BACA  6 dari 77 Orang yang Hilang Secara Misterius di Hutan Agam Ditemukan

“Dari awal saya selalu katakan bahwa di situasi pandemi seperti ini yang dibutuhkan masyarakat adalah dana tunai untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka sehari-hari, dan bagi mereka yang memiliki usaha, dapat tetap bertahan mempertahankan usahanya,” pungkas Sandi.

Menurut mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, kebijakan tersebut juga dapat mempercepat penyerapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Namun dia mengingatkan juga bahwa pemerintah harus memperhatikan usaha-usaha keluarga dan UMKM agar kembali bangkit dan memulai usaha mereka.

Lebih lanjut, Sandi juga mengaku lebih optimistis melihat pergerakan data-data ekonomi akhir-akhir ini. Ia yakin Indonesia akan mampu melewati krisis ekonomi akibat pandemi saat ini.

BACA  Gerbang Kapitalisme Agraria Dinilai Terbuka Melalui UU Cipta Kerja

“Saya optimis saya melihat sentra sentra seperti pasar sudah balik ke 70 persen. Tapi memang omsetnya turun ya. Tapi saya optimis bahwa kita akan bangkit,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan kepada pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta. Bantuan Subsidi Upah (BSU) itu merupakan bantuan langsung tunai sebagai stimulus untuk meningkatkan daya beli dan mencegah resesi ekonomi. Bantuan Rp 600 ribu itu disebut Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Rencananya, bantuan Rp 600 ribu itu akan diberikan sebanyak 4 kali. Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, bantuan corona itu akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan ada penyalahgunaan.

BACA  MA Diskon 22 Koruptor Lewat PK, Begini Respons KPK

Artinya, setiap karyawan akan dua kali menerima transfer dari pemerintah dengan nominal Rp 1,2 juta. Total, setiap karyawan akan menerima bantuan corona Rp 2,4 juta. Tujuan pemberian BSU kepada karyawan swasta adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat, agar ekonomi bisa kembali bergerak dan pulih dari krisis. (dr/jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “Rakyat Butuh Dana Tunai, Sandi Desak Pemerintah Segera Cairkan BSU“. Pada edisi Rabu, 12 Agustus 2020.

Komentar