Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ranperda Limbah Domestik Terkendala Persoalan Teknis

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Selasa, 7 Juli 2020 | 11:16 WITA Tag: , ,
  Ketua Komisi II, DPRD Gorontalo Utara, Aryati Polapa.


Hargo.co.id, GORONTALO – Pembahasan Ranperda Limba Domestik, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) mengalami kendala. Kendati demikian, Pansus optimis Ranperda ini tuntas sebelum 2020 berakhir.

Informasi yang berhasil dihimpun, kendala pembahasan Ranperda Limbah Domestik yakni soal teknis serta waktu konsultasi ke pemerintah pusat. Makanya, Pansus menyarankan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas PU-PR akan berkoordinasi dengan Satker di Provinsi Gorontalo.

BACA  Inisiatif Bupati, Sejumlah Takmirul Masjid Diberi Bantuan Pangan

“Nantinya yang direkomendasikan itu akan disampaikan ke kita yang ada di Pansus ini,” kata Ketua Pansus Ranperda Limbah Domestik, Ariyati Polapa.

BACA  Rusli Habibie Mengaku Tak Punya Waktu Layani ‘Tukang’ Nyinyir

Terkait dengan konsultasi di pemerintah pusat, Ariyati Polapa menegaskan itu penting. Pasalnya untuk Ranperda Limbah Domestik tersebut, perlu dibahas dan dikaji secara tersendiri.

“Karena memang selain teknis urusannya, juga harus dikonsultasikan dengan pihak kementerian,” jelasnya.

BACA  Ini yang Disampaikan Nelson Pomalingo pada Webinar Tentang Infrastruktur Smart City

Apakah Perda Limbah Domestik sudah mendesak untuk diadakan? Ariyati Polapa menegaskan bahwa, harus segera diselesaikan 2020 ini juga. Maklum, sarana dan prasarana yang diterima oleh daerah, belum dapat dioperasionalkan mengingat belum adanya payung hukumnya. (abk/adv/hg)


Komentar