Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ratu Inggris Elizabeth II Tutup Usia

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 9 September 2022 | 06:05 Tag: , ,
  Ratu Inggris Elizabeth II. Foto: royal.uk

Hargo.co.id – Pemimpin Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II yang bertakhta selama lebih dari tujuh dekade meninggal dunia pada Kamis (8/9).

Pemilik nama Elizabeth Alexandra Mary itu wafat dalam usia 96 tahun di Istana Balmoral, Skotlandia.

Kabar kepergian Ratu Elizabeth itu disampaikan putranya, Pangeran Charles, yang kini bergelar raja.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya penguasa yang disayangi dan ibu yang sangat dicintai,” ujar Charles melalui pernyataan tertulisnya.

Pemilik nama Charles Philip Arthur George itu naik takhta sepeninggal ibunya. Dia menggunakan nama Raja Charles III.

Menurut Raja Charles, kepergian Ratu Elizabeth merupakan momen kesedihan terbesar baginya maupun semua anggota keluarganya.

“Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam Persemakmuran, dan banyak orang di seluruh dunia,” tutur Charles dalam surat berkop Istana Buckingham itu.

Selanjutnya, Kerajaan Inggris menetapkan masa berkabung selama 12 hari. Bendera Britania Raya yang dikenal dengan sebutan The Union Jack akan dikibarkan setengah tiang selama masa berkabung.

Selain itu, para anggota parlemen dan pembaca berita televisi juga akan mengenakan ban lengan hitam sebagai tanda dukacita.

Jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa ke Ruang Takhta Istana Buckingham, lalu disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari agar masyarakat berkesempatan memberikan penghormatan terakhir.

Kemungkinan jenazah Ratu Elizabeth akan dimakamkan di samping pusara suaminya, Pangeran Philip Mountbatten. Hari pemakaman itu akan menjadi libur nasional.

Elizabeth yang lahir pada 21 April 1926. Dia menikah dengan Adipati Edinburgh Pangeran Philip pada 1947.

Selanjutnya, putri mahkota Kerajaan Inggris itu naik takhta pada 6 Februari 1952 menggantikan ayahnya, Raja George VI yang meninggal dunia.

Putri Elizabeth dan Pangeran Philip dikaruniai empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Pada 9 April 2021, Pangeran Philip meninggal dunia. Pria ningrat berdarah Yunani dan Denmark itu wafat dalam usia 99 tahun.(JPPN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia“. Pada edisi Jumat, 09 September 2022.
(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar