Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ratusan Ribu Orang Evakuasi Menghindari Dam Terbesar Amerika

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Monday, 13 February 2017 | 16:38 PM Tags: , ,
  

Hargo.co.id – Pejabat di Northern California memerintahkan 100 ribu orang untuk evakuasi ke lokasi yang lebih aman. Perintah tersebut seiring dengan ancaman banjir besar akibat dam yang tidak mampu menampung air.

Warga pun berbondong-bondong menjauh dari Dam Oroville yang terletak sekitar 241 kilometer San Francisco, Amerika Serikat. Jalan-jalan padat dan semua orang menunju utara menghindari dam tersebut. Dam Oroville penuh air setelah Danau Oroville, salah satu danau buatan di California, tidak lagi mampu menampung air setelah hujan deras selama sebulan belakangan ini. Air yang berlimpah kemudian diputuskan untuk dipindah ke dam setinggi 234 meter itu. Namun, air danau ternyata sangat banyak. Bahkan, mereka harus membuka saluran tambahan untuk menampung air tersebut. Padahal, dam tersebut adalah dam tertinggi di Amerika Serikat. Celakanya, air yang berlimpah itu menyebabkan erosi dan kerusakannya berisiko membuat air yang ditampung akan tumpah bak banjir bandang dan membajiri kawasan pemukiman sekitar.

Pejabat dari Departemen Sumber Air California mengatakan berniat menjatuhkan batu untuk menutupi erosi yang menyebabkan kebocoran dam. ”Dengan ini kami memerintahkan semua penduduk Oroville, Gridley, Live Oak, Marysville, Wheat land, Yuba City, Plumas Lake, Olivehurst untuk evakuasi segera,” tutur departemen tersebut.

Korya Honea, Sheriff Butte County menyebutkan kalau Departemen Sumber Air California memutuskan untuk menaikkan aliran air dari Danau Oroville ke dalam dam dengan harapan bisa mengurangi beban danau dengan cepat. ”Situasinya sangat dinamis dan cepat. Bisa berubah kapan saja,” katanya. (ABC/tia)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar