Jumat, 15 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rayakan HUT ke 20, Pemprov Gorontalo Bagi-bagi Bibit Pohon Produktif

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 12 Desember 2020 | 08:05 WITA Tag:
  Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kanan) menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Biro Umum Reflin Buata, di kompleks kantor gubenur, Jumat (11/12/2020). (Foto Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO –Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Provinsi Gorontalo  bekerjasama dengan BPDAS-HL Bone Bolango dan UPT Kementerian LHK membagikan  1000 pohon produktif  pada rangkaian peringatan hari ulang tahun Provinsi Gorontalo ke-20.

Pembagian pohon dilakukan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim yang didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, kepada kepala-kepala  OPD lingkup Pemprov Gorontalo di kompleks Gubernuran, Jumat (11/12/2020).

Selanjutnya bibit pohon juga akan dibagi kepada masyarakat sekitar kantor gubernur. Bibit pohon produktif yang dibagikan  yaitu pohon rambutan, durian, mangga, sirsak, dan alpukat. Ada juga bibit pohon jenis kayu-kayuan seperti glodokan tiang dan tanjung.

Wagub mengapresiasi dengan adanya pembagian bibit  pohon yang bisa berpengaruh pada iklim.

“Saya apresiasi pada HUT Provinsi Gorontalo kita membagikan bibit. Terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, kalau bisa sesuai dengan harapan 60 ribu bisa terpenuhi, ya kita perkirakan saja 30 ribu yang hidup sudah sangat maksimal,” kata Idris.

BACA  Idris Rahim Minta Waspadai Pemicu Terjadinya Kebakaran

Idris dalam kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana HUT ke-20 yang telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Gorontalo.

“Ini menunjukkan bahwa dengan hadirnya Provinsi Gorontalo, banyak sekali kerja-kerja kita yang tiada lain adalah kerja dari pada pimpinan OPD dan seluruh perangkatnya untuk dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga dalam rangka untuk melayani masyarakat,” jelas Idris.

Di usia ke-20 lanjut Idris, menjadi momentum untuk kita melakukan evaluasi sejauh mana dan apa yang sudah dikerjakan ini benar benar sangat bermanfaat bagi rakyat.

“Kalau kita lihat angka-angka makro ekonomi, tentunya baik itu pertumbuhan ekonomi, gini rasio dan sebagainya, insyaallah karena ini tidak lepas dari kerja bapak gubernur, wakil gubernur, sekda dan juga para asisten dan pimpinan OPD. Sehingga itu ke depan perlu kita lebih tingkatkan lagi, dalam arti hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan juga lebih baik dari hari esok,” kata Idris.

BACA  Polsek Dungingi Tutup Sejumlah Mini Market

Wakil Gubernur Gorontalo dua periode ini mengingatkan beberapa arahan presiden yang menjadi prioritas.

“Pertama bagaimana kita harus meningkatkan SDM. Kedua, kita harus mampu melanjutkan infrastruktur yang sudah kita bangun sekarang ini. Ketiga, kita harus mampu menyederhanakan birokrasi dalam arti pelayanan harus dipercepat dan dalam arti juga harus tepat dan akurat. Keempat, kita harus menyederhanakan regulasi. Kelima kita harus melakukan transformasi ekonomi. Kalau ini mampu kita laksanakan insyaallah keberadaan Provinsi Gorontalo yang sudah 20 tahun ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” urai Idris.

Di tempat yang sama panitia pelaksana HUT ke-20 Provinsi Gorontalo, Asisten Administrasi Umum Iswanta menjelaskan, ada 17 kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-20 Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini melekat di masing-masing OPD sesuai tupoksi.

BACA  Tenaga Medis di Bone Bolango Siap Awali Vaksin Covid-19

Artikel Terkait  Rakorev Rencana Aksi, Sekda Harap Gorontalo Bisa Naik Peringkat

Kegiatan tersebut diantaranya, pembagian 2000 paket sembako, sunatan massal kepada 50 anak, pelayanan di panti jompo, donor darah  di kantor gubernur dan OPD lingkup Pemprov Gorontalo, pembagian 50 ribu masker dirangkaikan dengan pemasangan stiker 3M di kendaraan umum sekaligus penyemprotan disinfektan .

Ada juga lomba mengarang dan melukis tingkat SMA, bersih-bersih pantai di Kurenai dan Botutunuo, pemasangan listrik gratis, pameran arsip jejak sejarah pembentukan Provinsi Gorontalo , pembagian bibit tanaman produktif, dan pembebasan denda pajak kendaraan dan bea balik nama untuk kendaraan yang berplat nomor Gorontalo, juga memberikan pembebasan bea balik nama bagi kendaraan yang akan masuk ke Gorontalo. (rilis/hg)


Komentar