Minggu, 29 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Razia di Lapas Gorontalo, Petugas Temukan Barang Terlarang 

Oleh Admin Hargo , dalam HumKam , pada Rabu, 20 April 2022 | 22:05 Tag: , ,
  Penggeledahan yang dilakukan petugas terhadap kamar di Lapas Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 58, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) Kemenkumham Gorontalo, menggelar razia di seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), pada Selasa (19/04/2022) malam. 

Informasi yang disampaikan oleh Bagian Humas Lapas Kelas IIA Gorontalo pada Hargo.co.id Rabu (20/04/2022), dalam razia yang dipimpin langsung oleh Kadivpas Bagus Kurniawan dan Kalapas Indra S. Mokoagow itu, melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait diantaranya Kodim 1304 Gorontalo, Polres Gorontalo Kota, BNNP Gorontalo, LPKA serta dipantau langsung oleh tim Bintorwasdal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo. 

“Kegiatan malam ini berlangsung selama 2 jam serta berjalan lancar dan tertib. Hasil penggeledahan, tidak ditemukan barang berbahaya seperti handphone dan narkoba, namun masih saja ditemukan barang terlarang lainnya seperti sendok besi, sisa potongan kabel, botol kaca sisa pengharum, yang kemungkinan barang ini adalah sisa dari kegiatan kreativitas warga binaan di bengkel kerja program kemandirian,”ungkap Bagus Kurniawan. 

Kalapas Kelas IIA Gorontalo, Indra S. Mokoagow (mengenakan peci), Kadivpas Bagus Kurniawan, bersama APH terkait saat menunjukkan barang bukti hasil operasi, Selasa (19/04/2022). (Foto: Istimewa)
Kalapas Kelas IIA Gorontalo, Indra S. Mokoagow (mengenakan peci), Kadivpas Bagus Kurniawan, bersama APH terkait saat menunjukkan barang bukti hasil operasi, Selasa (19/04/2022). (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut ia juga menuturkan, dalam jalannya operasi dadakan tersebut pihaknya bersama dengan APH terkait tetap mengedepankan sikap humanis, terlebih saat ini dalam masa ibadah Ramadan. Barang hasil sitaan tersebut kemudian nantinya akan dimusnahkan. 

“Dalam kegiatan ini kita menurunkan sekitar 100 orang Personel gabungan dengan tetap menggunakan cara yang humanis. Terlebih saat ini bulan Ramadan. Hasil temuan penggeledahan tersebut, akan didata dan diagendakan untuk dilaksanakan pemusnahan,” tutur Bagus Kurniawan. 

Diakhir penyampaiannya Bagus Kurniawan juga menuturkan, pihaknya berharap sinergitas dan soliditas antara Pegawai UPT, Kanwil Kemenkumham Gorontalo selaku pembina, serta APH baik dari Kodim 1304 Gorontalo, Polres Gorontalo Kota, BNNP Gorontalo dan LPKA, tetap terlaksana dan terus terjalin dengan baik, khususnya dalam rangka penguatan keamanan dan ketertiban di Lapas. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 68 times, 1 visits today)

Komentar