Minggu, 20 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Regulasi Pendukung Peningkatan PAD Masuk dalam Propemperda

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Selasa, 31 Desember 2019 | 13:05 WITA
  Anggota DPRD Gorut, Ridwan R Arbie


Hargo.co.id, GORONTALO – Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus lebih dimaksimalkan lagi  pada tahun akan datang. Guna mewujudkan itu, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) mendukung hal tersebut melalui naungan Peraturan Daerah (Perda).

Ini disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie yang mana menurutnya naungan regulasi dalam memaksimalkan PAD memang merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

BACA  Minim Anggaran, Hadijah Tayeb Usul Penyuluhan Lewat Virtual

“Untuk Perda yang menaungi berbagai peningkatan pendapatan asli daerah itu memang sudah ada, namun untuk potensi lainnya yang dapat menjadi sumber PAD itu belum dapat dilakukan karena belum dinaungi dengan regulasi,” tegasnya.

Salah satunya yakni terkait dengan pembangunan sarang burung walet yang saat ini sudah mulai banyak dan perlu untuk segera dinaungi dengan regulasi.

BACA  Agar Komprehensif, Penanganan Banjir di Gorontalo Diusulkan Jadi Perpres

“Sarang burung walet merupakan potensi PAD yang harus segera diatur dengan sebuah regulasi sehingga daerah dapat menarik retribusi,” jelasnya.

Dan untuk itu, terkait dengan regulasi sarang burung walet tersebut sudah masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

BACA  Lewat Program PKH, 61.091 KPM di Gorontalo Segera Terima Bantuan Beras

“Sebenarnya untuk Perda Sarang Burung Walet tersebut sudah ada sejak tahun kemarin, namun untuk untuk tahun ini sudah dimasukan dalam Propemperda dan akan segera dibahas” ujarnya. Pada dasarnya kata Ridwan, apapun itu yang dibutuhkan demi kemajuan daerah harus tetap di support dalam bentuk apapun termasuk dalam bentuk regulasi,” pungkasnya. (adv/abk/hg)


Komentar