Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Relawan Covid-19 Diminta Edukasi Warga dengan Bahasa Santun

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 7 April 2020 | 19:05 WITA Tag: , , , , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan materi sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19) kepada Ketua KNPI Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun untuk selanjutnya diteruskan kepada tim relawan, Selasa (7/04/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, Gorontalo – Relawan pencegahan Covid-19 Provinsi Gorontalo segera bertugas. Ini ditandai dengan di lepasnya 95 relawan dari 19 organisasi masyarakat dan kepemudaan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (07/04/2020) di halaman kantor Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Rusli Habibie meminta para relawan mengerti sepenuhnya tugas dan fungsinya. Mengedukasi masyarakat dengan bahasa yang santun dan dapat di pahami.

“Kalian semua pahami itu, bagaimana protokolernya, bagaimana proses menularnya. Cara menyampaikannya harus dengan bahasa yang santun. Syukur-syukur kalian bisa bahasa Gorontalo, karena banyak juga rakyat saya di kampung sana masih sulit berbahasa Indonesia. Sebaiknya kalian membiasakan diri menyampaikan dengan senyum manis dengan bahasa Gorontalo yang bagus,” pinta Rusli.

BACA  Peningkatan Ekonomi Didorong Lewat Digitalisasi UMKM

Kepada para relawan ia juga meminta untuk tidak abai terhadap kesehatan diri sendiri. Rusli mengingatkan untuk tetap mengonsumsi asupan yang bergizi. Bagi relawan yang sakit, diharapkan untuk tidak turun langsung di tengah masyarakat.

“Kalian juga harus dibekali dengan fisik yang baik. Saya menyarankan jika ada teman-teman yang fisiknya kurang bagus, mungkin ada flu, mungkin ada sakit-sakit atau batuk, sebaiknya di posko saja sambil terus berkomunikasi dengan teman-teman dilapangan. Ini memang kerelaan kita semua, tetapi jaga-jaga juga untuk transportasi dan lain-lain terutama vitamin. Tolong Pak Sekda, Pak Kaban, mereka harus dibekali vitamin dan makanan bergizi.” tambahnya.

BACA  Ketua BPK RI Minta Pemda di Indonesia Timur Belajar Pengelolaan Keuangan Dari Gorontalo

Di tempat yang sama Ketua Komite Nasional Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun mengutarakan tim relawan ini ada sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo. Tugas ini menurutnya menjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

“Kami sesungguhnya tidak mau membiarkan Pak Gubernur dan seluruh elemen Gugus Tugas untuk berjuang sendiri melawan corona karena kami tahu ini adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Maka jangan khawatir Pak Gubernur, masih ada mayoritas aktivis muda, aktivis organisasi hari ini siap untuk mem-back-up kebijakan pemerintah yang berpihak terhadap kepentingan rakyat,” tegas Ghalib.

BACA  Idris Rahim Bongkar Tips Harmonis Memimpin Gorontalo Bersama Rusli Habibie

Di tempat tersebut juga Gubernur Rusli menyerahkan materi sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19) kepada Ketua KNPI Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun untuk selanjutnya diteruskan kepada tim relawan. Relawan terdiri dari 19 organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan dengan jumlah anggota 95 orang.(adv/rwf/hg)


Komentar