Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Repsol Honda Luncurkan Motor Anyar untuk Berlaga di MotoGP 2021

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Moto GP , pada Selasa, 23 Februari 2021 | 22:05 WITA Tag: ,
  Marc Marquez dan Pol Espargaro resmi meluncurkan motor baru untuk berlaga di MotoGP 2021. Foto: dok HRC


Hargo.co.id, JAKARTA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez bersama rekan setimnya Pol Espargaro secara resmi meluncurkan motor baru yang bakal berlaga di MotoGP 2021.

Dikutip dari Honda Racing Corporation, Selasa (23/2), secara tampilan, tidak ada perubahan signifikan. Honda RC213V masih mengadopsi livery kombinasi oranye dan putih.

Livery itu dikatakan menjadi ciri khas motor balap tim Repsol Honda.

Secara spesifikasi, bagian sasis Honda RC213V untuk musim 2021 telah mendapatakan sentuhan modifikasi agar lebih seimbang ketika dikendarai.

BACA  Vinales Akui MotoGP 2020 Jadi Musim Terburuk

Sasisnya didesain untuk kemampuan agar dapat menikung lebih stabil.

Meski menggunakan sasis twin-spar alumunium, tetapi motor tersebut memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan ideal untuk menahan mesin yang bisa menyalurkan tenaga besar ke ban belakang.

Selain kekuatan, sasis memiliki fleksibilitas yang dirancang dengan cermat untuk meningkatkan cengkeraman ban.

Honda RC213V menggunakan bodi serat karbon yang ringan dan membuat motor ini kian aerodinamis.

BACA  Vinales Akui MotoGP 2020 Jadi Musim Terburuk

Bagian fairing yang dimodifikasi untuk mencapai keseimbangan performa maksimum, handling dan pengereman melalui pengelolaan aliran udara.

Dalam beberapa tahun terakhir, ‘sayap kecil’ aerodinamis memainkan peran penting di MotoGP dan merupakan beberapa perubahan yang paling terlihat di setiap musim.

Melangkah ke bawah, motor tersebut dilengkapi suspensi Ohlins depan dan belakang. Tujuannya, agar ban tetap menyentuh tanah dan menghasilkan cengkeraman maksimal.

Soal mesin, tidak ada perubahan signifikan. Motor tersebut masih menggendong mesin V4 berkapasitas 1.000 cc, yang menawarkan tenaga mencapai 240 daya kuda.

BACA  Vinales Akui MotoGP 2020 Jadi Musim Terburuk

HRC telah meninjau semua detail mesin baru, membuatnya lebih ringan, lebih bertenaga dan mudah dikendalikan oleh pembalapnya. (ddy/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Repsol Honda Luncurkan Motor Anyar untuk Berlaga di MotoGP 2021, Intip Spesifikasinya“. Pada edisi Selasa, 23 Februari 2021.

Komentar