Rabu, 5 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rina Polapa Dukung Upaya Pendaftaran Tanaman Tanduk Rusa

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Jumat, 23 April 2021 | 08:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi I, DPRD Gorontalo Utara, Rina Polapa.


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut). Rina Polapa mendukung sepenuhnya upaya pendaftaran tanaman Tanduk Rusa. Maklum, tanaman ini dinilai endemik Atinggola dari Desa Tombulilato dan memiliki keistimewaan sendiri. 

“Informasi yang diperoleh bahwa jenis tanaman Tanduk Rusa tersebut hanya ada di Tombulilato. Maka ini merupakan kebanggaan tersendiri atas kekayaan alam daerah yang harus dilestarikan,” kata Rina Polapa.

Legislator dari Dapil Atinggola-Gentuma ini, menambahkan jika upaya mendaftarkan jenis tanaman tersebut, harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak. Termasuk pemerintah daerah Gorut melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

“Upaya pendaftaran oleh instansi yang memiliki kewenangan tersebut harus didukung penuh oleh pemerintah daerah termasuk dalam apa yang menjadi kebutuhan dalam upaya pendaftaran tersebut,” tegasnya.

Apalagi tanaman ini telah viral di dunia maya dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Rina Polapa sendiri mengatakan bahwa awalnya dirinya tidak mengetahui soal kehebohan dari tanaman Tanduk Rusa tersebut. 

Bahkan dirinya juga sempat dibawakan jenis tanaman tersebut, hanya saja terkait dengan jenisnya yang hanya ada di Tombulilato baru juga diketahuinya. 

“Karena ini merupakan jenis tanaman endemik dan asli hanya di Tombulilato, maka sudah menjadi tugas bersama kita untuk dapat melestarikannya dan mendukung pendaftarannya agar tidak diklaim oleh daerah maupun negara lainnya,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Pekan Depan, Komisi II Janji Evaluasi Mitra Kerja

Komentar