Rina Polapa: Matangkan Persiapan Pilkades

Rina Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Agar tak menimbulkan polemik lagi, diminta kepada instansi terkait untuk mematangkan persiapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar 2020 mendatang. Jangan ada lagi polemik antara Perda dan Perbup.

Penegasan ini disampaikan Ketua Komisi I, DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa ketika dihubungi media ini. Menurutnya, pada 2020 mendatang, ada sejumlah desa yang menggelar Pilkades secara serentak.

“Segala persiapannya harus dilakukan sejak dini. Termasuk juga regulasi yang sempat menjadi polemik antara Peraturan Daerah (Perda) dengan Peraturan Bupati (Perbup),” kata Rina Polapa usai menggelar rapat dengan mitra kerja Jumat (04/10/2019).

Sebagaimana yang diketahui bersama, pada Pilkades kemarin ada sejumlah persoalan yang menyita tenaga dan pikiran terkait dengan pelaksanaan hingga hasilnya.

“Ada tarik ulur yang terjadi mulai dari calon yang tadinya diloloskan, kemudian kembali digugurkan. Kemudian ada calon yang menang kemudian dianulir lagi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk itu juga, Rina Polapa berharap terhadap regulasi yang mengatur terkait dengan Pilkades serentak tersebut perlu untuk ditinjau lagi antara Perda dan Perbup.

“Sempat terjadi perbedaan yang mencuat pada beberapa waktu kemarin antara Perda dan Perbup. Olehnya hal ini diharapkan untuk dapat diperhatikan dan jika perlu segera diperbaiki agar dapat menjadi acuan yang lebih maksimal,” tandasnya. (abk/hg)

-