Senin, 23 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rio Hariyanto di Depak Bukan Performa, Tapi karena Dana

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Sportivo , pada Kamis, 11 Agustus 2016 | 10:26 WITA Tag: , , , ,
  


Hargo.co.id – Libur musim panas Formula 1 tahun ini terasa pahit bagi Rio Haryanto. Alih-alih menunggu balapan di Belgia 28 Agustus nanti, pembalap kelahiran Solo itu kehilangan kursinya sebagai driver. Manor-Mercedes Dave Ryan, racing director Manor, mengumumkan hal tersebut Rabu (10/8).

”Saat ini kami mencapai satu poin untuk mencari yang terbaik bagi tim, kami terpaksa memilih opsi lain,” kata Dave Ryan kemarin (10/8). ”Kami ingin meneruskan dukungan kepada Rio untuk melanjutkan ambisinya di Formula 1 dengan menawarinya menjadi reserve driver. Kami akan sangat senang jika dia menerima tawaran ini,” lanjutnya.

BACA  Kampanyekan SMS, Para Pesohor Partai Golkar Mulai Turun ke Pohuwato

Dalam debutnya di Formula 1 musim ini, total Rio membalap dalam 12 seri. Selanjutnya, posisi Rio digantikan Esteban Ocon. Pembalap asal Prancis itu adalah juara GP3 2015. 44217_62729_momen rio

Begitu keputusan itu diumumkan, ibunda Rio, Indah Pennywati, langsung menelepon putranya. Nada kesedihan, juga kekecewaan, terdengar jelas dari suara Rio.

”Ya, dia gelo (kecewa, Red). Dia sering diam, terus ngomong sedikit,lalu diam lagi,” tutur Indah saat dihubungi Jawa Pos melalui telepon Rabu sore.

BACA  Paralayang Bakal Lengkapi Sektor Pariwisata Gorontalo di Batudaa Pantai

Rio, lanjut Indah, sebenarnya sudah merasa bahwa kursi balapnya akan diberikan kepada orang lain. ”Tapi, dia terus berharap dan tidak mau percaya sebelum ada konfirmasi dari Manor,” imbuhnya.

Yang bisa dilakukan Indah kemudian hanyalah menghibur dan terus menghidupkan semangat Rio di saat sulit seperti ini.

Dia mengatakan, yang menyebabkan kursi balap Rio lepas bukanlah performa yang buruk, tapi semata karena dana.

”Saya bilang, ’Yang penting cita-citamu jadi pembalap F1 sudah terwujud. Kamu juga sudah banyak memberikan masukan bagus buat tim supaya mobil itu jadi kenceng. Jadi, bukan kamu yang jelek, tapi cuma dananya nggak cukup, itu aja!’,” ungkapnya.

BACA  Ini Seruan Nasir Giasi Terhadap Pendukung Pasangan SMS

Seperti diumumkan Manor, untuk sisa musim 2016, dia tetap bersama skuad Banbury tersebut sebagai pembalap cadangan.

Artinya, dia akan tetap berperan untuk mengembangkan mobil MRT05. ”Minggu depan rencananya dia juga ke Belgia (seri ke-13 di Belgia, Red),” ujar Indah. 

Laman: 1 2


Komentar