Sabtu, 26 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rombongan JWS Saksikan Ibadah Odalan Umat Hindu di Parimo

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Senin, 24 Februari 2020 | 20:00 WITA Tag: ,
  Rombongan tour JWS ketika berada dalam pura di Kecamatan Sausu, Parimo, Senin (24/2/2020).(Foto : Rendi Wardani Fathan/Hargo)


Hargo.co.id, PARIMO – Di tengah perjalanan menuju Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dari Kabupaten Poso, rombongan Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) sempat berhenti di Kecamatan Sausu.

Rombongan berhenti karena di kecamatan tersebut, umat Hindu tengah melaksanakan upacara Odalan di Pura.

“Kita berhenti dulu disini. Kita harus hormati mereka sementara melaksanakan ibadah. Negara kita kan negara yang menjujung tinggi toleransi umat beragama,” pinta Rusli kepada rombongan.

BACA  Sembilan Kontestan Pilkada Positif Covid-19, KPU Siapkan Jadwal Tersendiri  

Saat berada di depan pura, Gubernur Rusli Habiboe dan rombongan diajak masuk ke dalam pura oleh petinggi umat hindu di kecamatan tersebut. Di dalam pura, Rusli Habinie menyaksikan para umat hindu memanjatkan doa.

BACA  Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

Pengelola Pura, Wayang Suweta mengatakan, upacara odalan ini dilakukan berdasarkan hitungan kalender atau penanggalan Bali yang jatuhnya setiap 6 bulan (210 Hari) sekali.

“Upacara ini dilakukan enam bulan sekali berdasarkan kalender kami,” tuturnya.

Menurutnya, upacara odalan merupakan bentuk penghormatan lahirnya tempat ibadah, yang bertujuan agar kehidupan umat bisa sejahtera dan harmonis dalam menjalankan hidup.

BACA  Listrik, Normalisasi Sungai dan Pertanian Dikeluhkan Warga

Pada kesempatan itu, Rusli Habibie didampingi ketua PKK Provinsi Gorontalo, Udah Syahidah Habibie, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Thomas Mopili, fungsionaris KNPI Provinsi Gorontalo, Alham Prasogo Habibie lserta anggota JKMPC yang ikut dalam tour JWS. (adv/rwf/hg)


Komentar