Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Roni Imran Minta Pejabat Segera Beradaptasi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Kamis, 3 Juni 2021 | 11:05 WITA Tag: ,
  Wakil Ketua DPRD Gorut, Roni Imran


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Roni Imran meminta pejabat yang baru saja dimutasi untuk segera beradaptasi. Ini dilakukan karena tersiar kabar jika ada pejabat yang bingung karena ditempatkan pada jabatan yang tak sesuai basic ilmu yang dimiliki. 

Menurut Roni Imran, kebingungan aparatur tersebut merupakan hal yang wajar dan sebenarnya itu merupakan permulaan yang baik bagi dirinya untuk belajar lebih dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. 

“Mutasi dan rolling jabatan tersebut merupakan hal yang wajar dalam sebuah pemerintahan. Selain untuk penyegaran, juga sebagai bentuk perhatian terhadap jenjang karir para aparaturnya,” ungkap Roni Imran.

Memang ada aparatur yang merasa bingung dengan jabatan atau lingkungan yang baru saja diberikan atau diamanatkan untuk dijalankan oleh aparatur yang bersangkutan. 

“Tentu wajar jika merasa bingung. Namun itu merupakan bentuk respon positif aparatur tersebut terhadap apa yang akan dilaksanakannya baik itu jabatan maupun tempat yang baru. Yang perlu diperhatikan oleh para aparatur yang masih bingung atas jabatan dan tempat yang baru, tentu ini harus dipahami secara positif. Tidak mungkin seseorang ditempatkan dalam sebuah jabatan dan tempat yang baru, kalau yang bersangkutan tidak mampu,” tegas Roni Imran.

Masih pada kesempatan yang sama, Roni Imran menjelaskan, sebelum melakukan mutasi maupun rolling jabatan yang ada, para pejabat yang memiliki kewenangan untuk melakukan itu tentu telah memiliki dasar-dasar sampai kenapa seseorang ditempatkan dalam satu jabatan yang mungkin dirinya tidak menyangka dan lain sebagainya. 

“Semuanya ada penilaian yang terukur yang telah dilakukan sebelumnya baik itu dari sisi kepangkatan maupun hal lainnya yang menunjang jenjang karir aparatur untuk menempati posisi dan jabatan serta lingkungan yang baru,” ujarnya.

Yang sebenarnya perlu untuk dilakukan adalah bagaimana aparatur tersebut belajar dan memahami atas posisi dan jabatan yang diemban saat ini serta tugas pokok dan fungsi. 

“Ketika ini dapat dilaksanakan, maka aparatur tersebut memiliki nilai plus tersendiri karena dianggap berhasil melaksanakan tugas walaupun tidak sesuai dengan basic keilmuan yang dimiliki,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Putus Penyebaran Covid-19, Maksimalkan Pengawasan 

Komentar