Roni Imran Minta Tak Ada Pemangkasan GTT

Wakil Ketua DPRD Gorut, Roni Imran

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Bagi daerah yang baru, kesetaraan pendidikan merupakan saah satu persoalan yang harus diseriusi, terutama untuk daerah yang tertinggal karena disitu sangat jelas dan kompleks dilihat.

Melihat hal tersebut, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Roni Imran menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk tidak melakukan pemangkasan jumlah Guru Tidak Tetap (GTT). Pasalnya, terinformasi jumlah guru di sekolah-sekolah di wilayah terpencil maupun di wilayah kepulauan, masih sangat minim.

“Tenaga pendidik di daerah ini masih sangat minim. Kalaupun dilakukannya pemangkasan, tentunya akan berpengaruh besar terhadap SDM. Olehnya kami menyarankan agar Pemerintah Daerah untuk tidak melakukan pemangkasan GTT, utamanya diwilayah pelosok maupun di wilayah kepulauan. Agar SDM di daerah ini lebih meningkat,” ujarnya.

Selain itu juga persoalan lainnya yang ada yakni terkait dengan mutu pelayanan pendidikan yang rendah, tingginya angka putus sekolah, sarana dan prasarana yang belum memadai, dan minimnya tenaga pengajar.

“Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)” tegasnya.

Olehnya, Roni berharap agar perhatian yang lebih dari pemerintah daerah dapat diberikan secara maksimal kepada para GTT terutama bagi mereka yang sudah lama mengabdi.

“Yang beda antara PNS dan GTT hanyalah status, tapi untuk kinerkanya sama, mereka memiliki tupoksi yang sama yakni mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu pemerintah daerah diharapkan untuk memberikan perhatian penuh kepada para GTT tersebut terutama terkait dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka,” ujarnya.

Untuk itu, Roni menegaskan bahwa pihaknya akan mengawal pelaksanaan P3K, agar seluruh GTT bisa terakomodir dalam P3K yang juga menjadi jatah bagi para GTT.

“Semoga pelaksanaan P3K ini akan melahirkan tenaga pendidik yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tupoksi,” tandasnya. (adv/abk/hg)