Rabu, 1 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Roni Imran Mulai Was-was, PAD Belum Capai Target

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 28 Agustus 2022 | 04:05 Tag: , , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran.

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Roni Imran berharap untuk target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2022 ini dapat tercapai.

Hal tersebut disampaikannya saat berbincang dengan beberapa awak media belum lama ini terkait dengan kondisi keuangan daerah yang ada saat ini. 

banner 728x485

“Target PAD 2022 ditetapkan Rp 35 Miliar, dan posisis saat ini sudah masuk pada akhir Agustus. Tinggal beberapa bulan lagi tahun anggaran 2022 kan berakhir,” ungkapnya.

Kekhawatiran Roni Imran tersebut bukan tanpa alasan. Berkaca dari target sebelumnya yakni pada 2021, Gorontalo Utara menargetkan PAD sebesar Rp 31 miliar. Saat itu tak capai target karena hanya 88 persen atau hanya mencapai Rp 27 Miliar.

“Tentunya dari pencapaian tersebut dinilai pendapatan daerah berkurang dan ini juga merupakan satu kerugian bagi daerah. Secara otomatis tentu penilaiannya tidak maksimal daerah dalam mengelolah sumber-sumber pendapatan asli daerah,” ujarnya.

Disisi lain, informasi yang diterima sesuai dengan hasil audit untuk potensi PAD Gorontalo Utara lebih dari Rp 50 Miliar. Namun kondisi dan kenyataan dilapangan tidak seperti itu, antara target yang ditetapkan dan hasil pencapaiannya tidak maksimal. 

Namun demikian, dari tahun ke tahun, untuk target PAD terus dinaikan, sementara untuk hasil capaiannya tidak sampai seratus persen. Ada apa sebenarnya? Apakah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum maksimal dalam bekerja, ataukah ada faktor-faktor lain yang turut mempengaruhinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 36 times, 1 visits today)

Komentar