Friday, 30 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rp 1,5 Triliun APBD 2021, Pemkab Gorontalo Kebut Penyerapan Anggaran

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Sunday, 6 June 2021 | 07:05 AM Tags: ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka rapat koordinasi DAK Kabupaten Gorontalo di Hotel Aston, Jumat (04/06/2021)

Hargo.co.id, GORONTALO – Total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gorontalo tahun 2021 mencapai Rp 1,5 Triliun. Angka tersebut diklaim terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain APBD, Kabupaten Gorontalo juga menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tahun ini kabupaten Gorontalo memperoleh anggaran Rp 280 Miliar.

“Tahun APBD kita ini mencapai Rp 1,5 triliun. Sedangkan untuk DAK kita mendapat anggaran Rp280 miliar, dengan rincian DAK fisik Rp 143 miliar, dan DAK non fisik Rp135 miliar,” kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka rapat koordinasi DAK Kabupaten Gorontalo di Hotel Aston, Jumat (04/06/2021)

Nelson Pomalingo meminta agar penyerapan anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus benar benar dimaksimalkan, mengingat dari data yang ada, serapan anggaran di Beberapa OPD masih sangat rendah.

“Keuangan yang terbatas ini harus dikelola dengan optimal. Penyerapan anggaran baru Rp.19 miliar atau baru di angka13,9 persen. Kalau dilihat dari sisi waktu sudah masuk bulan Juni harusnya kalau dapat 50 persen,” tandasnya.

Nelson Pomalingo mengatakan, anggaran tersebut harus benar benar dikelolah secara optimal, efektif serta efisien. Karena itu, dirinya meminta badan keuangan, untuk terus mengecek agar proses penyerapan anggaran dapat berjalan dengan baik.(hiu/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar