Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rp 403 Juta Zakat Fitra Terkumpul di Baznas, Seperti Ini Pertanggungjawabannya

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 6 Juli 2017 | 15:04 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Peran Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (BAZNAS) dalam mengumpulkan zakat perlu dioptimalkan. Bukan hanya dalam hal zakat mal, tetapi juga zakat fitrah.

Pasalnya, animo masyarakat Gorontalo untuk menyalurkan zakat fitrah melalui Baznas relatif masih rendah.

Hal itu tercermin pada jumlah zakat fitrah yang dibayarkan/diterima Baznas kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. Data yang diperoleh Gorontalo Post, jumlah zakat fitrah yang terkumpul di Baznas sejumlah Rp 403 juta dan beras 100 kilogram. Jumlah tersebut diperoleh dari Baznas Kota Gorontalo dan Bone Bolango.

BACA  Meski Corona Pergi, Warga Diimbau Tetap Jaga Kebersihan

Jumlah yang diperoleh tersebut terbilang kecil bila dibandingkan dengan para muzakki (wajib zakat). Di Kota Gorontalo misalnya. Bila diasumsikan para muzakki lebih kurang 100.000 jiwa, maka dengan nilai zakat fitrah Rp 28 ribu/jiwa, setidaknya bisa terkumpul Rp 2,8 miliar. Demikian pula bila dibayarkan dengan beras. Sedikitnya bisa terkumpul 250 ton beras.

Masih rendahnya animo masyarakat untuk menyalurkan zakat fitrah ke Baznas dipengaruhi sejumlah faktor.

BACA  30 ASN Terpapar Corona, Dikes Provinsi Gorontalo Berlakukan WFH

Di antaranya kebiasaan untuk menyerahkan langsung kepada mustahaq (kaum dhuafa), atau menyerahkan di masing-masing masjid sesuai domisili. Selain itu ada pula Baznas kabupaten yang tak menangani pengumpulan zakat fitrah.

Ketua Baznas Kota Gorontalo Marzuki Pakaya menjelaskan, dari keseluruhan zakat fitrah yang terkumpul telah diserahkan kepada 2.600 fukara dan masakin (fakir miskin). Penyalurannya dilaksanakan pada Jumat ((23/6) atau 2 hari sebelum lebaran Idul Fitri dilaksanakan.

BACA  Gubernur Harap Musyawarah IV KADIN Lahirkan Pengurus yang Eksis

“Zakat Fitrah tersebut disalurkan dengan nominal Rp 150 ribu perorang kepada yang berhak menerima, sementara itu, beberapa penerima yang kita bagikan juga beras 3 kilogram perorang ditambah uang. Sehingga nilainya menyamai Rp 150 ribu,” ujar Marzuki.

Terpisah Bendahara Baznas Bone Bolango Selvi mengatakan, untuk zakat fitrah yang terkumpul di Bone Bolango mencapai Rp 3.367 ribu.

Zakat tersebut telah dibagi ke 30 orang penerima dalm hal ini fakir miskin dan kaum duafa.

Laman: 1 2


Komentar