Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



RS Ainun Habibie Raih Dua Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 22 Desember 2020 | 18:05 WITA
  Foto bersama Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole (tengah), dengan Direktur RS Hasri Ainun Habibie, dr. Yana Yanti Sulaiman (kanan), usai menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (22/12/2020). (Foto: Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Rumah Sakit Provinsi Gorontalo Hasri Ainun Habibie (RS Ainun) meraih dua penghargaan sekaligus dari BPJS Kesehatan. Penghargaan yang langsung diterima oleh Direktur RS Ainun, dr. Yana Yanti Sulaiman, masing-masing untuk kategori rumah sakit tipe C dengan kinerja terbaik pelayanan kepada masyarakat dan kategori rumah sakit dengan pelayanan Global Budget.

“Alhamdulillah berdasarkan penilaian BPJS Kesehatan, tahun ini kami meraih dua penghargaan. Dari sekian rumah sakit tipe C di Gorontalo, kami meraih kinerja terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat dan Global Budget,” jelas Yana saat diwawancarai usai menerima penghargaan pada kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan program Jamkesda yang terintegrasi dengan program JKN KIS di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (22/12/2020).

BACA  Dibuka Wagub, CPNS Golongan II dan III di Gorontalo Ikuti Diklat

Yana mengungkapkan, RS Ainun merupakan pilot project penerapan program Global Budget dari BPJS Kesehatan di Provinsi Gorontalo. Global budget adalah sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya yang disepakati oleh pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan untuk jangka waktu tertentu.

BACA  25 Pejabat Fungsional Dan 2 Pejabat Struktural Pemprov Gorontalo Resmi Dilantik

Melalui penerapan program ini, lanjut kata Yana, pembayaran atas layanan rumah sakit dilakukan diawal tahun atau diawal tiap semester sebelum dilakukan pelayanan. Global Budget dilakukan melalui perhitungan yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit.

“Karena perhitungan Global Budget sudah dilakukan di depan, maka kegiatan di RS Ainun harus terukur dan efisien, dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkannya, dengan keberhasilan meraih dua penghargaan dari BPJS Kesehatan, pihaknya akan terus berupaya dan bekerja keras meningkatkan kualitas pelayanan di RS Ainun. Terkait hal itu Yana menuturkan, pihaknya akan melakukan pengembangan RS Ainun dari tipe C menjadi tipe B, serta mengikuti proses akreditaasi dalam rangka mengoptimalkan pelayanan di RS Ainun.

BACA  Gorontalo Ketambahan Peralatan Bencana Alam Dari BNPB

“Penghargaan adalah sesuatu yang membuat kita tidak terlena, tetapi harus lebih terpicu untuk berbuat lebih baik. Tahun 2021 kami berupaya meningkatkan kelas RS Ainun menjadi rumah sakit tipe B,” tandasnya.(zul/adv/hargo)


Komentar