Ruang Radiologi RS ZUS Tak Dimanfaatkan, DPRD Protes

Ridwan R Arbie

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Arbie mempertanyakan alasan kenapa ruang radiologi Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki (ZUS) tak dimanfaatkan. Padahal, gedung tersebut sudah selesai dibangun sejak tiga tahun lalu.

Ini disampaikan usai turun lapangan terkait aspirasi masyarakat tentang pelayanan RS ZUS. “Pembangunan sudah selesai sejak tiga tahun lalu. Namun, hingga saat ini belum juga dimanfaatkan. Ini patut dipertanyakan. Ada apa?,” ungkapnya.

Daerah telah bersusah payah memenuhi apa yang dibutuhkan oleh instansi teknis. Namun kenyataan yang ada, ternyata tidak dimanfaatkan. Harusnya disyukuri, karena RS ZUS sudah punya ruang radiologi.

“Jika kondisinya seperti ini juga, tentu ada yang salah dengan gedung ini, dan kami menduga demikian. Fasilitas tersebut dibangun karena merupakan kebutuhan,” tegasnya.

Ternyata setelah ditelusuri lebih dalam informasinya, pihak RS ZUS terutama para petugas enggan untuk menggunakannya karena standarisasi keamanan gedung tersebut tidak dapat dijamin.

“Jika memang benar dugaan tersebut, maka ini harus dipertanggungjawabkan. Kenapa bangun gedung yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan. Jika memang tidak memenuhi standar kenapa sudah diserahterimakan gedung tersebut,” ujarnya.

Harusnya sejak awal, kata Ridwan, jika memang ada kekurangan, segera saja diperbaiki dan jangan diserahterimakan gedung tersebut.

 “Ini hal yang sia-sia. Sudah berapa anggaran yang digunakan untuk membangun gedung tersebut, dan ternyata setelah selesai, tidak dapat digunakan,” kata Ridwan.

Untuk itu, persoalan ini diharapkan untuk dapat diperhatikan oleh semua pihak agar ke depan tidak akan ada lagi. “Kasihan uang rakyat yang digunakan akan menjadi sia-sia,” tandasnya. (abk/hg)

-