Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rugi, Distributor Enggan Jual Gula Bulog ?

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 13 Oktober 2016 | 12:45 Tag: ,
  

 

Hargo.co.id GORONTALO – Lambatnya serapan gula pasir milik Badan Urusan Logistik (Bulog) Gorontalo membuat harga gula masih relatif normal dengan harga Rp 16 Ribu per Kg.

Padahal, gula impor Bulog dijual dengan harga miring, yakni Rp 12.500 per Kg.

Sebelumnya, menipisnya stok gula di PT Pabrik Gula (PG) Tolangohula disebut-sebut menjadi pemicu minimnya stok gula pasir di Gorontalo sehingga harganya naik 5 bulan terakhir ini dari Rp 12 Ribu menjadi Rp 16 Ribu per Kg.

Dan untuk menekan harga gula yang cukup tinggi, Bulog Gorontalo pun mulai menjual gula impor sejak sebulan lalu dengan harga miring.

Namun sayangnya, serapan gula Bulog oleh masyarakat masih minim sehingga harga gula belum turun.

Salah satu distributor gula yang berhasil ditemui Gorontalo Post mengaku belum lama ini pernah mendapat undangan dari pihak Bulog Gorontalo untuk sosialisasi murah.

Namun dia mengaku saat ini dirinya masih lebih untung menjual gula non Bulog karena mengejar margin keuntungan yang sedikit lebih besar.

“Saya jual gula ke pedagang mulai Rp 720 Ribu hingga Rp 730 Ribu per karung (koli). Potong biaya ini, biaya itu, bensin, untungnya memang tidak banyak, tapi lancar,” kata distributor yang meminta namanya tidak dikorankan.

“Saya juga hanya tangan ketiga. Soal berapa (harga) saya ambil dari bos, itu rahasia,” tambahnya.

Soal mengambil gula di gudang Bulog, pria yang sudah 12 tahun melakoni bisnis ini mengaku hal itu sangat membantu konsumen, yakni masyarakat.

Namun, untuk sementara dirinya masih belum mau membeli gula Bulog karena sudah terlanjur mengambil stok gula dari agen yang merupakan distributor utama hingga terikat kontrak.

“Saya juga belum tau, berapa untung jual gula dari Bulog. Semua pedagang kan begitu, cari untung dan tidak mau rugi. Tapi, saya juga masih ada kontrak dengan bos saya,” katanya.(axl/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar