Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rumah Sakit Aloei Saboe Kejar Akreditasi Paripurna

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Tuesday, 12 September 2017 | 14:19 PM Tags: ,
  

PEMKOT,GP – Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo akan menyambut tim surveyor dari Komisi Akreditasi standarisasi pelayanan. RSAS sendiri menargetkan akreditasi Paripurna, penilaian tertinggi dalam tingkatan akreditasi rumah sakit.

Direktur RSAS Kota Gorontalo dr.Andang Ilato mengatakan, saat ini pihaknya terus mematangkan persiapan penilaian.

Menurutnya, proses akreditasi sangat berarti bagi RSAS yang menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Gorontalo. Selain menjadi ketentuan dalam persyaratan kerjasama dengan BPJS, juga sebagai pengakuan resmi tentang standarisasi layanan di RSAS Kota Gorontalo.

“Penilaian akreditasi penting sebagai bentuk legal formal bahwa layanan kita telah terstandarisasi sesuai persyaratan Kemenkes RI,” kata Dr Andang.

Andang menyampaikan, ada 3.000 aspek berkaitan dengan peningkatan mutu layanan dan keselamatan pasien yang akan dinilai dalam proses akreditasi kali ini. Termasuk sejak proses identifikasi saat pasien masuk sampai merencanakan pemulangan pasien.

“Ukuran penilaian akreditasi ada pratama, madya, utama, dan tertinggi adalah paripurna. Target kita RSAS bisa meraih paripurna,”terangnya.

Sebelum ini, sambung Andang, pihaknya telah melakukan pembenahan dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana seperti kelengkapan alat medis modern, rehabilitasi paviliun, sampai pembangunan gedung baru untuk kelas III.

Dengan adanya pembangunan gedung baru kelas III ini, diharapkan tidak ada lagi kasus-kasus pembludakan pasien terjadi di RSAS Kota Gorontalo.

Sementara itu, berkaitan dengan layanan, RSAS juga terus mengembangkan berbagai jenis pelayanan kesehatan.

“Nanti ke depan ini akan ada layanan untuk mata yang lebih lengkap dan mendapatkan suport dari kesatuan dokter ahli sehingga walau penyakit mata yang cukup parah, kita tidak lagi merujuk pasien ke luar daerah. Sudah bisa kita tanggulangi sendiri. Hal yang sama juga akan kita lakukan untuk pelayanan bedah syaraf,”tutur Andang.

Lebih lanjut disampaikan Andang, berkaitan dengan pengembangan SDM, RSAS terus mendorong beberapa tenaga medisnya untuk meningkatkan pendidikan pada jenjang sub ahli.

“Akhir tahun nanti, RSAS juga akan mengirim satu orang tenaga medis khusus untuk bedah tulang belakang,”ungkapnya.

Andang mengatakan pula, menyusul direncanakannya fakultas kedokteran di Gorontalo, RSAS Kota Gorontalo siap membangun kerjasama menjadi rumah sakit pendidikan yang bisa menunjang program pendidikan fakultas kedokteran. (hargo/*)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar