Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rumah Sakit Indonesia Dinilai Belum Siap Sediakan Ruang Isolasi

Oleh Jamal De Marshall , dalam Kabar Nusantara , pada Minggu, 1 Maret 2020 | 01:05 WITA Tag: ,
  Petugas medis tengah menaikkan pasien virus Korona ke ambulance dan dibawa ke rumah sakit. Jumlah kasus baru virus Korona di Tiongkok terus bertambah (HECTOR RETAMAL / AFP)


Hargo.co.id – Wabah virus korona saat ini tengah menggemparkan dunia. Semua negara sedang menyoroti virus endemik tersebut dengan sangat serius. Sebab, virus korona mulai menggerogoti perekonomian negara maju dan berkembang.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Hermawan Saputra mengatakan, perluasan penyebaran virus korona tidak diimbangi dengan kesiapan ruang isolasi, khususnya Indonesia.

BACA  Febri: Muka KPK Diselamatkan Mereka yang Tak Lulus TWK!

Menurutnya, rumah sakit di Indonesia belum memadai untuk menangani virus tersebut. Baru rumah sakit yang dikelola pemerintah pusat saja yang ruang isolasinya memadai.

“Rumah sakit di Indonesia ini belum betul-betul ready untuk ruang isolasi untuk specific case, untuk kasus-kasus yang betul-betul mematikan seperti ini,” ujarnya di Hotel Ibis Jakarta, Sabtu (29/2).

BACA  Tersangka Bangun Rumah Mewah, Diduga dari Keuntungan Rapid Antigen Bekas

Padahal, Hermawan menyebut, dalam menghadapi virus korona perlu kesiapan infrastruktur kesehatan, salah satunya ruang isolasi.

“Kemarin ada informasi dari Jepang mengatakan ada turis dari Bali suspect confirmed, positif. Nah, andai saja, kejadian di Bali. Bali ini tidak hanya kelas internasional, regional, tapi nasional. Jadi kalau kita mau akses ke wilayah timur, pasti kita lewati Bali, baik laut maupun udara. Artinya apa? Kesiapan infrastruktur kesehatan kita ini,” jelasnya.

BACA  Tolak UU Cipta Kerja, Buruh Kembali Gelar Aksi

*Berita ini juga terbit di jawapos.com edisi sabtu 29 februari 2020


Komentar