Saturday, 18 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rusli Habibie: Pembangunan Secaba TNI Gorontalo Terkendala Perubahan RTRW

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Friday, 6 August 2021 | 00:05 AM Tags: ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat memimpin rapat koordinasi pengadaan tanah untuk pembangunan Secaba dan Kodim secara virtual, di aula rumah jabatan gubernur, Kamis (05/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dikabarkan pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI AD di Gorontalo, masih terkendala dengan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Kabar tersebut terungkap dalam rapat koordinasi pengadaan tanah untuk pembangunan sekolah Secaba dan Kodim, yang dipimpin Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan diikuti Danrem 133 NWB, Bupati Kabupaen Gorontalo, Kanwil BPN dan OPD terkait, yang digelar secara virtual pada Kamis (05/08/2021).

“RTRW ini yang menjadi salah satu syarat untuk mengeluarkan izin dari BPN, sehingga kuncinya dI situ. Tadi kata pak bupati sudah menyurat ke Menteri BPN pertengahan April lalu untuk merevisi RTRW, tapi sampai sekarang belum jalan,” jelas Rusli Habibie.

Secaba yang berlokasi di Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo itu terkendala dengan rencana tata ruang wilayah. Kawasan sebelumnya hanya diperuntukkan untuk pembangunan Kodim Gorontalo. Sebelumnya lahan Secaba ditetapkan Di Kecamatan Tibawa namun dipermasalahkan oleh pemilik lahan bekas HGU.

Untuk memastikan perubahan RTRW, Gubernur Rusli menghubungi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil melalui gawai pribadinya. Ia berharap perubahan ini segera disetujui untuk diparipurnakan di DPRD Kabupaten Gorontalo.

“Sebenarnya RTRW bukan masalah hanya diajukan kembali, pembangunan sudah jalan juga dan kita usahakan tetap dilanjutkan asalkan Korem harus berkonsultasi dengan pihak APH baik Kejaksaan Tinggi, Polda, dan juga BPKP agar tidak terjadihal-hal yang tidak diinginkan, karena memang ini cuma tinggal tunggu perubahan RTRW,”imbuh Rusli Habibie.

Pembangunan Secaba sudah cukup berlarut-larut hingga beberapa kali pergantian Pangdam dan Danrem. Padahal ditargetkan tahun 2022 ini Secaba yang berdiri di lahan HGU milik Hj. Helena Ngabito itu sudah menerima siswa baru.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar